Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Anies Dorong Orang Tua Ajak Anak Belanja di Pasar Tradisional

Kamis, 22 Sep 2022 - 19:29 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Fadly Zikry
Anies perumda pasar tradisional - inilah.com
(Foto: inilah.com/Harris Muda)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan 4 pasar yang dikelola Perumda Pasar Jaya, Kamis (22/9/2022). Dalam kesempatan tersebut, Anies mendorong agar orang tua khususnya ibu-ibu melibatkan anak dalam bertransaksi di pasar tradisional.

“Saya mengajak kepada semua, Pak Dirut dan jajaran coba dorong supaya ada program mereka yang berbelanja membawa anak untuk ikut membawa supaya mereka terbiasa dalam situasi-situasi transaksi pasar,” kata Anies dalam peresmian empat pasar Perumda Pasar Jaya di Pasar Cipinang Kebembem, Jakarta Timur, Kamis (22/9/2022) siang.

Anies menyebut, hadirnya anak di dalam suasana pasar berguna untuk melestarikan transaksi tawar-menawar. Sehingga, menurut Anies, pola transaksi itu tak hanya melekat pada orang tua tetapi juga dipraktekan oleh anak-anak.

“Pasar adalah tempat bertemunya penjual-pedagang, berinteraksi antar masyarakat. Pasar itu jangan sampai hilang, di sinilah suasana indonesia itu terjaga. Hanya di pasar tradisional ada seni menawar,” imbuh Anies.

Baca juga
Didampingi Anies, Jokowi Dukung Formula E

Anies mengaku khawatir, tradisi yang sudah secara turun-temurun dijaga justru lambat laun hilang lantaran ekosistem pasar hanya dihuni oleh kelompok-kelompok tertentu.

Untuk itu, menurutnya, disamping mendorong orang tua untuk melibatkan anak dalam berbelanja, pembenahan fasilitas dirasa juga berperan penting sebagai magnet masyarakat untuk bertransaksi di pasar tradisional

“Kalau itu terjadi, InsyaAllah mereka yang datang ke tempat ini lebih nyaman, cari parkir lebih mudah, berjalan mencari pilihan juga lebih mudah. Yang bekerja di sini pun merasa lebih nyaman,” tambahnya.

Empat pasar yang dikelola Perumda Pasar Jaya, antara lain Pasar Cipinang Kebembem, Sawah Barat, Tanah Tinggi Poncol, dan Tebet Barat.

Baca juga
Momentum Nataru, Mendag Zulhas: Kebutuhan Pokok di Bandung Terkendali

Adapun 4 pasar tradisional yang baru diresmikan Anies memiliki karakteristik sebagai berikut:

1. Pasar Cipinang Kebembem. Di pasar ini terdapat 138 unit tempat usaha yang terdiri dari:
– 98 Kios (2x3m) di Lantai Dasar
– 40 Kios (2x3m), termasuk area Food Court di Lantai 1

2. Pasar Sawah Barat. Di pasar ini terdapat 161 unit tempat usaha yang terdiri dari:
– 96 Kios (2x2m) dan 56 Los (1,5×2 m) di Lantai Dasar
– 9 Kios Food Court (2x2m) di Lantai 1

3. Pasar Tanah Tinggi Poncol. Di pasar ini terdapat 21 unit tempat usaha (kios) yang terdiri dari:
– 12 Kios (4,5×3,6m); 4 Kios (4×3,6m); 1 Kios (2,1×10,8m); 1 Kios (5,1x2m) dan 3 Kios (2x2m). Semuanya berada di Lantai Dasar.

Baca juga
Hari Pahlawan, Anies Tunjuk Hidung Para Pengkhianat Bangsa

4. Pasar Tebet Barat. Di pasar ini terdapat 790 unit tempat usaha, yang terdiri dari 326 Kios, 157 Los, dan 307 Counter.

Secara umum, keempat pasar ini juga dilengkapi beberapa fasilitas lainnya, meliputi musala, ATM Center, area serbaguna yang akan diperuntukkan untuk olahraga badminton/futsal, ruang laktasi, area jemur dan mandi unggas bersama, CCTV, fire alarm, dan sebagainya.

Tinggalkan Komentar