Sabtu, 25 Juni 2022
25 Dzul Qa'dah 1443

Anies: Formula E Nggak Ada Pawang-pawangan

Jumat, 03 Jun 2022 - 01:12 WIB
Anies: Formula E Nggak Ada Pawang-pawangan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Befoto dengan Pebalap Formula E di Monas (@aniesbaswedan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan gelaran balap Formula E Jakarta Sabtu mendatang tanpa pawang hujan.

Hal itu disampaikan Anies dalam acara Tea Time yang digelar di Balaikota DKI Jakarta, Kamis sore (2/6/2022).

Formula E nggak ada pawang-pawangan. Kita bekerja sama dengan BMKG (Badan Meteorologi klimatologi Geofisika) untuk memonitor perkembangan cuaca,” kata Anies.

BMKG sendiri lewat website resminya telah mengeluarkan prediksi cuaca untuk tanggal 4 Juni 2022. Disebutkan untuk wilayah Jakarta Utara pada pagi hari cuaca cerah.

Lalu siang hari akan diguyur hujan ringan, kemudian malam dan dini hari akan cerah berawan. Adapun suhu 25 sampai 34 derajat dengan kelembaban 65 hingga 90 persen.

Baca juga
Foto: Penonton Padati Granstand Jakarta E-Prix 2022 di JIEC

Selain BMKG, Anies menjelaskan bahwa Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) punya sistem drainase canggih yang bakal mencegah terjadinya genangan jika hujan.

Sirkuit Formula E Ancol ini memiliki drainase untuk menyalurkan volume air yang berlebih dari area trek balapan, dengan begitu genangan atau bahkan banjir tidak akan terjadi di lintasan.

“Bahwa ada drainase sepanjang 6 KM dan mereka memuji pembangunan drainase sehingga mereka yakin dengan sistem yang dibangun itu sehingga air akan bisa terkelola dengan baik,” terangnya.

Dengan teknologi canggih tersebut, Anies optimistis balapan Sabtu (4/6/2022) nanti bakal berjalan lancar meski diguyur hujan.

Baca juga
Jakarta Kota Paling Beragam di Indonesia, Anies Siap Sambut KTT Youth 20

“Seperti yang saya bilang tadi, kita tinggal di khatulistiwa, ada musim kering ada musim basah, ada hari kering dan hari basah. Itu biasa saja. Hujan kita syukuri, kering kita syukuri semuanya adalah rahmat,” pungkas Anies.

Jadwal balapan Formula E Jakarta berdasarkan keterangan dari Federasi Otomotif Internasional (FIA) Formula E melalui laman fiaformulae.com, semua sesi dipadatkan dalam satu hari yakni pada Sabtu (4/6/2022).

Agenda pertama dimulai latihan bebas dua kali yakni dijadwalkan pada pukul 07.15 WIB dan 09.00 WIB.

Kemudian sesi kualifikasi pada pukul 10.40 sampai 11.55 WIB dan balapan puncak dijadwalkan pukul 15.00 sampai 16.00 WIB.

Baca juga
Foto: BMKG Prediksi Jakarta Diguyur Hujan Sore hingga Malam Hari

Total setidaknya ada 22 pebalap dari 11 tim berbeda yang akan tampil di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Sabtu mendatang.

Tinggalkan Komentar