Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Anies Heningkan Cipta 20 Detik untuk Perdamaian Dunia

Rabu, 23 Mar 2022 - 20:04 WIB
Anies Heningkan Cipta 20 Detik untuk Perdamaian Dunia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengheningkan cipta sekitar 20 detik untuk perdamaian dunia, saat Pertemuan Sherpa Urban 20 (U20). Anies mengajak para delegasi sekaligus berdoa untuk perdamaian dunia.

“Saya mengajak semuanya yang berpartisipasi di pertemuan Sherpa ini untuk mengheningkan cipta dan berdoa untuk perdamaian dunia,” kata Anies menutup sambutan pada pertemuan Sherpa U20 di Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Meski tidak secara spesifik, namun diperkirakan sikap itu mencermati situasi krisis antara Rusia dan Ukraina karena menyedot perhatian dunia.

“Ini adalah waktu di mana perdamaian di luar sana dipertanyakan, kami khawatir dengan perdamaian dunia,” ucapnya.

Baca juga
Surya Paloh Temui Jokowi Sampaikan Bakal Usung Anies sebagai Capres

Anies menjadi ketua bersama dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Forum U20. Forum ini dihadiri para perwakilan U20 dari 37 kota di dunia baik secara daring dan luring.

Nantinya, pada pertemuan puncak U20 Agustus 2022, akan ada komunike atau rekomendasi yang disepakati bersama terkait isu perkotaan untuk dibawa ke forum global, G20 pada Oktober 2022 di Bali.

Pertemuan Sherpa membahas pengalaman dan terobosan yang dilakukan U20 menyikapi enam isu prioritas, sebelum pertemuan puncak U20 Summit pada Agustus 2022.

Ada pun enam isu prioritas yang dibahas dan akan diputuskan dalam Pertemuan Tingkat Tinggi para pemimpin kota (wali kota/gubernur) atau U20 Summit yakni pemulihan ekonomi dan sosial.

Baca juga
Pemprov DKI Gelar Program Pangan Murah Bersubsidi sampai Akhir 2022

Kedua, soal perumahan terjangkau, kemudian transisi energi terbarukan dan akses transportasi ramah lingkungan.

Isu kelima dan keenam yakni kesehatan mental dan daya tahan pandemi serta masa depan pekerjaan.

Tinggalkan Komentar