Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Anies Jawab Diplomatis Soal Kans Gibran Jadi Cawapres

Jumat, 18 Nov 2022 - 21:05 WIB
Anies Sarapan Bareng Gibran 560x328 - inilah.com
Anies Baswedan dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat sarapan bareng di Hotel Novotel Solo, Selasa (15/11/2022). (Foto: Istimewa)

Obrolan antara Anies Baswedan dengan Gibran Rakabuming Raka hanya sebatas diskusi perkotaan, tidak menyinggung pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Pertemuan keduanya, memang jadi buah bibir para netizen di dunia maya. Banyak yang menduga mereka sedang membicarakan soal pilpres, bahkan ada yang memprediksi bahwa Anies ingin mengajak Gibran menjadi pasangannya di kontestasi pemilu 2024.

Anies pun menepis semua rumor itu. Dia menegaskan pertemuannya bersama Walikota Solo itu adalah hal yang wajar, tidak ada yang spesial dari interaksi mereka. Sekadar membuka ruang diskusi, saling berbagi pengalaman seputar pembangunan kota.

“Ini dengan Sohibul Iman duduk sampingan ini jadi berita lagi. Semuanya ini sama kok, tidak ada yang khusus, dengan Gibran kita membicarakan pembangunan kota, percakapan tentang dua orang sama-sama pernah mengelola kota,” kata Anies saat makan siang bersama tim kecil di restoran di wilayah Jakarta, Jumat (18/11/2022).

Baca juga
Menko Airlangga Pompa Semangat Mahasiswa UIR untuk Terjuni UMKM

Soal peluang Gibran menjadi calon wakil presiden (cawapres) dijawab Anies diplomatis. Menurutnya, posisi Gibran sama dengan para tokoh lainnya. Namun Anies bersama tim kecil masih dalam tahap menggodok kriteria cawapres.

Dia menambahkan, dirinya bersama tim masih berdiskusi soal beragam hal yang memenuhi syarat untuk memenangkan kontestasi. Anies menekankan, belum ada pembicaraan tentang sosok yang akan mengisi posisi cawapres.

“Secara bertahap kita akan membicarakan pasangan. Semua opsi itu terbuka. Dan tentu akan ada pembahasan juga. Saya di fase ini fase kita lihat semua opsi. Kriterianya sederhana, bantu pemenangan, bantu soliditas partai dukungan, dan laksanakan tugas nantinya di pemerintahan,” jelasnya.

Baca juga
PKS tak Mau Putuskan Capres dan Koalisi di Last Minute

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka pada Selasa (15/11/2022). Keduanya makan bareng di Hotel Novotel Solo.

Pada pertemuan itu Anies memuji perkembangan Kota Solo yang makin tertib dan rapi. “Senang bisa silaturahmi dengan pak wali kota. Alhamdulilah melihat Solo rapi, bersih, tertib,” ucap Anies seusai sarapan bersama dengan Gibran.

Anies berharap Solo dapat terus maju dan berkembang. Pada pertemuan tersebut, keduanya juga membahas sejumlah hal, salah satunya berbagi pengalaman dalam memimpin sebuah daerah.

“Kami saling sharing pengalaman, sama-sama pernah bertugas mengelola sebuah kota. Di Jakarta walaupun namanya gubernur, sesungguhnya itu juga sebuah kota tapi besar. Sama dengan Solo juga begitu,” tutur calon presiden 2024 Partai NasDem ini.

Tinggalkan Komentar