Sabtu, 13 Agustus 2022
15 Muharram 1444

Anies: Masa Depan Peradaban Manusia Ada di Perkotaan

Jumat, 08 Apr 2022 - 05:26 WIB
Peradaban Manusia - inilah.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ceramah di Masjid Universitas Gajah Mada, Kamis (17/04/2022).(Foto Dok.pri)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan masa depan peradaban manusia terletak di perkotaan dan perkembangan Islam yang tumbuh di kawasan urban. 

“Masa depan peradaban manusia ada di perkotaan. Temanya (ceramah) kota karena saya sedang ngurus Ibu Kota, walaupun bentar lagi udah gak jadi Ibu kota. Mau ga pindah?,” kata Anies diiringi sahutan jamaah saat ceramah salat tarawih di Masjid Universitas Gajah Mada, Kamis (7/4/2022).

Kemudian, ia menuturkan, Indonesia pada 2021 mencatatkan 57 persen warga yang lebih menyukai tinggal di perkotaan, dibandingkan di pedesaan.

“Tahun 2021 sekitar 57 persen orang milih tinggal di kota. Pedesaan makin hari makin berkurang,” sambungnya.

Lebih lanjut, mantan Mendikbud mengungkapkan peradaban manusia, khususnya ummat Islam sejak awal berkembang di kawasan perkotaan.

Baca juga
Mendagri Tito Lantik Pejabat Kementerian hingga Teman Angkatan jadi Pj Gubernur

“Bagaimana ummat Islam? kita liat sirah nabawiyah, Islam berkembang di kawasan urban atau perkotaan. Contohnya, Yatsrib kota yang hidup dan padat penduduk dan menjadi pusat urusan pemerintahan yang ada di kota. Bahkan, ketika Ramadan turun perintah puasa itu di Kota Madinah, tahun kedua hijriah,” jelas Anies.

“Sesungguhnya ummat Islam bicara kota bukan sesuatu yang baru. Karena agama ini tumbuh awalnya di kota,” pungkasnya.

Diketahui, Anies Baswedan menyampaikan ceramah tarawih di Masjid Universitas Gajah Mada (UGM), Sleman, Kamis (7/4/2022) kemarin.

Pada saat yang sama, jamaah bersahutan saat kedatangan Anies dan mengiringi perjalanannya usai memberikan ceramah. Bahkan, terdengar pekikan ‘Anies Presiden’ yang mengemuka di sela perjalanan Anies menuju Kantor Masjid UGM di sisi barat Masjid. [INU]

Tinggalkan Komentar