Senin, 28 November 2022
04 Jumadil Awwal 1444

Anies Panen Melon di Agro Edu Wisata Cilangkap

Jumat, 28 Jan 2022 - 13:40 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Anies Panen Melon di Agro Edu Wisata Cilangkap

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan panen perdana buah melon hasil budidaya di kawasan Agro Edu Wisata (AEW) Cilangkap, Jakarta Timur.

“Alhamdulillah, menikmati sisi lain dari Jakarta. Di sini, kita bukan saja diberikan pengalaman menarik, tapi juga disuguhkan tempat kawasan produktif,” kata Anies ketika memanen melon emas di Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (28/1/2022).

Anies panen melon hasil budidaya Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman di Agro Edu Wisata Cilangkap setelah proses tanam 70 hari.

Pemprov DKI Jakarta, kata dia, akan berinovasi dalam pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) melalui gagasan baru, yaitu penyediaan fasilitas dan pendampingan kepada masyarakat yang melibatkan kalangan akademisi, pemerintah pusat, swasta dan komunitas di Jakarta.

Baca juga
Sultan Seluruh Nusantara Sampaikan Dukungan ke Anies Maju Capres 2024

Di agro wisata dan edukasi seluas 19,5 hektare itu, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI juga memberikan pelatihan budidaya melon bagi Kelompok Tani Kampung Bayam Madani dalam menghasilkan benih bermutu.

Selain itu, Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman DKPKP telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada dan Fakultas Pertanian IPB.

“Ini salah satu contoh bagaimana kawasan AEW memiliki potensi untuk bisa menjadi sentral wisata sekaligus pembelajaran, baik untuk pengetahuan maupun untuk diaplikasikan,” kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga berencana melakukan pembangunan Padepokan Budaya Nusantara untuk memadukan program budaya, pariwisata dan pengembangan ekonomi kreatif pertanian.

Baca juga
Hujan, Pendemo Anti Anies di KPK Bubar

“Jika kita mengerjakannya secara konsisten, dengan skala yang makin hari makin besar, akan memiliki ekonomi yang amat baik,” katanya.

Tinggalkan Komentar