Selasa, 04 Oktober 2022
08 Rabi'ul Awwal 1444

Anies: Pekan Depan Revitalisasi Pasar Gembrong Dimulai

Selasa, 03 Mei 2022 - 16:14 WIB
Img 20220503 133039(1) - inilah.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika berbincang dengan salah warga yang terdampak kebakaran Pasar Gembrong di Jakarta Timur, Selasa (3/5/2022). Foto: Instagram @aniesbaswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan perbaikan Pasar Gembrong, Jakarta Timur, dilakukan secara bertahap dimulai pada pekan depan. Pasar Gembrong terbakar pada akhir April 2022 akibat arus pendek pada salah satu rumah penduduk.

Anies kembali meninjau Pasar Gembrong sekaligus bersilaturahmi dengan warga dan korban kebakaran pada momen Lebaran. Momen ini dibagikan Anies melalui laman resmi instagramnya.

“Insya Allah pengerjaan revitalisasi kawasan ini segera dilaksanakan secara estafet mulai minggu depan,” kata Anies Baswedan melalui akun Instagram @aniesbaswedan, Selasa (3/5/2022).

Anies tidak menyebutkan biaya yang dialokasikan untuk revitalisasi. Namun dia menjelaskan, perbaikan dilakukan dengan berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti Baznas DKI, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), perwakilan warga, juga pihak swasta.

Baca juga
Lapas Tangerang Tidak Diasuransikan, Biaya Perbaikan Rp1,5 Miliar Ditanggung APBN

Anies menjelaskan perbaikan akan mengedepankan bangunan yang sesuai dengan kontur kawasan. Memenuhi ketersediaan peralatan pemadam api ringan, ramah lingkungan dan sesuai dengan kebutuhan warga.

“Dengan demikian, warga yang terdampak kebakaran, dapat kembali menempati hunian yang lebih baik,” ujarnya.

Selain melakukan revitalisasi fisik bangunan, ke depan, DKI juga akan mendampingi warga untuk memahami konsep lingkungan yang sehat diantaranya sanitasi, pencahayaan, ketersediaan sumur resapan, mitigasi kebencanaan dan faktor manajemen lingkungannya.

Sebanyak 400 bangunan di luas area sekitar 1.200 meter persegi di Pasar Gembrong yang terdiri dari rumah dan kios ludes terbakar pada Minggu (24/4/2022) malam. Api cepat menyambar karena kondisi bangunan sekitar bermaterial kayu. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini.

Tinggalkan Komentar