Kamis, 30 Juni 2022
01 1444

Anies Soal Formula E Jakarta: Mari Manfaatkan untuk Bawa Nama Baik Indonesia di Gelanggang Dunia

Kamis, 02 Jun 2022 - 22:02 WIB
Anies Soal Formula E Jakarta: Mari Manfaatkan untuk Bawa Nama Baik Indonesia di Gelanggang Dunia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Saat Mengunjungi Sirkuit Formula E Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan bahwa gelaran Formula E Ancol bukan hanya milik Jakarta.

“Ini adalah untuk Indonesia dan Jakarta. Mari sama-sama manfaatkan Formula E untuk membawa nama baik Indonesia di gelanggang dunia,” tegas Anies saat ditemui di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2022).

Formula E kata Anies diharapkan bisa mempertegas posisi Indonesia sebagai negara yang enggan menutup mata kala bangsa lain beralih ke alat transportasi berbasis listrik.

“Ini bisa mengirim pesan kepada semuanya bahwa Indonesia siap masuk ke era kendaraan listrik,” ujarnya.

Jakarta sendiri sudah memulai kampanye transformasi kendaraan listrik dan terus dikembangkan hingga tak ada lagi polusi dari asap kendaraan.

Baca juga
Foto: Dirut Jakpro Datangi KPK Serahkan Dokumen Formula E

“Jakarta sudah ada 100 bis listrik Insya Allah akhir 2030 bis sudah 100 persen menggunakan listrik. Ini adalah rangkaian transformasi Jakarta menuju lebih ramah lingkungan,” tandasnya.

Ramah lingkungan memang jadi satu dari sekian banyak kampanye yang digawangi Formula E sejak dimulainya ajang balap mobil listrik tersebut.

Formula E mengusung konsep sustainable, disebut sebagai salah satu kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

Kendaraan balap itu murni menggunakan 100 persen tenaga listik, dan juga dirancang tak menimbulkan asap emisi. Selain itu, kendaraan Nyck de Vries dan kawan-kawan juga tidak akan mengeluarkan polusi udara selama balapan berlangsung.

Baca juga
Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Tidak Takut Hadapi Vietnam

Bisa disebut, balapan Formula E bukan sekadar adu kekuatan di lintasan mobil listrik saja, tetapi ekosistem yang diciptakan pun juga semestinya ramah lingkungan.

Sebagai tambahan informasi, jadwal balapan Formula E Jakarta berdasarkan keterangan dari Federasi Otomotif Internasional (FIA) Formula E melalui laman fiaformulae.com, semua sesi dipadatkan dalam satu hari yakni pada Sabtu (4/6/2022).

Agenda pertama dimulai latihan bebas dua kali yakni dijadwalkan pada pukul 07.15 WIB dan 09.00 WIB.

Kemudian sesi kualifikasi pada pukul 10.40 sampai 11.55 WIB dan balapan puncak dijadwalkan pukul 15.00 sampai 16.00 WIB.

Total setidaknya ada 22 pebalap dari 11 tim berbeda yang akan tampil di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Sabtu mendatang.

Tinggalkan Komentar