Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

Anies Tekankan Pentingnya Keadilan dan Pemerataan untuk Wujudkan Persatuan

Sabtu, 01 Okt 2022 - 22:58 WIB
Img 20221001 Wa0006 - inilah.com
Anies Baswedan dan Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno (kanan) saat peresmian Kantor MPN PP di kawasan Jalan Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/10/2022). (Foto: Istimewa).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menekankan pentingnya rasa keadilan dan pemerataan untuk didahulukan guna mewujudkan persatuan dalam kehidupan berbangsa.

Menurut Anies, bakal sulit membangun persatuan dalam ketimpangan atau ketidakmerataan. “Sulit membangun persatuan dalam ketimpangan, sulit membangun persatuan dalam ketidakmerataan,” ujar Anies saat peresmian Kantor Sekretariat MPN Pemuda Pancasila di Jalan Teuku Cik Ditiro No. 56 A Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/9/2022).

Anies, yang pada 16 Oktober mendatang menuntaskan masa jabatannya sebagai gubernur mengungkapkan selama lima tahun pemimpin Ibu Kota, pemerataan dan keadilan itu yang terus ditekankan oleh dirinya dan jajarannya di Pemprov DKI.

Ia menyebut Jakarta sebagai kota harus dibangun dengan perasaan persatuan, namun harus ada rasa keadilan. “Nggak ada keadilan nggak mungkin bersatu,” tutur Anies.

Baca juga
Kementerian PUPR Renovasi Taman Mini Indonesia Indah Jelang KTT G20

Selanjutnya mantan Rektor Universitas Paramadina itu menyebutkan bahwa salah satu ketidakadilan yang pernah disaksikan di Jakarta adalah soal masalah tanah.

“Banyak warga asli Jakarta yang akhirnya pergi karena pemerintah daerah mematok pajak yang sangat tinggi,” ungkap Anies.

Namun kini, lanjut Anies, berkat adanya Pergub Nomor 23 Tahun 2022 tentang Kebijakan Penetapan dan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), sebanyak 85 persen warga dan bangunan terbebas dari pajak.

Saat ini, ungkap Anies, terdapat 1,4 juta rumah di Jakarta. Dari jumlah tersebut, rumah yang nilainya di atas Rp2 miliar sekitar 200 ribu unit rumah, sedangkan yang nilainya di bawah Rp2 miliar ada 1,2 juta rumah.

Baca juga
Barcelona vs Frankfurt: Takluk 2-3 Blaugrana Tersisih dari Liga Europa

“Bagaimana kita menyaksikan keluarga-keluarga puluhan tahun di Jakarta tergeser, tergusur, hanya karena kami pemerintah ini kasih pajak yang tinggi sekali,” tutur mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Anies Baswedan hari ini menghadiri peresmian Kantor Sekretariat Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila (PP) yang berlokasi di Jalan Teuku Cik Ditiro No. 56 A Menteng, Jakarta Pusat.

Pada acara peresmian tersebut di antaranya dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Dalam momentum itu, Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno menyatakan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Pemuda Pancasila  siap mendukung Anies Baswedan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga
Toyota Masih Puncaki Penjualan Mobil Global di 2021

Japto menginstruksikan semua kadernya di seluruh Indonesia wajib memilih Anies. “Semua kader Pemuda Pancasila, kalau di Pilpres 2024, wajib kita memilih beliau (Anies Baswedan),” tegas Japto.

Tinggalkan Komentar