Rabu, 25 Mei 2022
24 Syawal 1443

Anies Usung 6 Isu Dalam Forum U20, Satunya Soal Ketimpangan di Kawasan Perkotaan

Anies Usung 6 Isu Perkotaan Dalam Forum Urban 20

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengusung 6 isu perkotaan setelah pandemi COVID-19 sebagai agenda bahasan dalam Forum Urban 20 (U20) pada Agustus 2022. Di antaranya terkait masa depan kerja, dan ketimpangan di kawasan perkotaan.

“Harapannya bisa memunculkan solusi,” kata Anies dalam diskusi daring terkait Urban 20 di Jakarta, Rabu (16/2/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut ketimpangan antarnegara mulai menipis. Namun ketimpangan di dalam negara dan ketimpangan di dalam kota justru melebar.

Agenda selanjutnya menyangkut sistem kesehatan dan sosial yang menjamin seluruh lapisan masyarakat. Mengingat, pandemi COVID-19 memunculkan pembatasan yang berdampak kurangnya interaksi sosial sehingga salah satunya mempengaruhi kesehatan mental.

Baca juga
MUI DKI Sebut Tim Cyber Army untuk Dukung Kebijakan Anies

Tak hanya itu, banyaknya korban meninggal dunia akibat penyakit dari virus SARS CoV-2 itu membuat banyak anak-anak menjadi yatim piatu sehingga menjadi masalah sosial.

Di Jakarta ada sekitar 9.000 anak menjadi yatim piatu karena orang tua atau wali mereka meninggal akibat COVID-19.

Selain itu, U20 di Jakarta juga membahas isu perumahan, industri properti, akses mobilitas yang setara dan berkelanjutan dengan transportasi terintegrasi.

Forum U20 di Jakarta akan dipimpin bersama (Co-Chair) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Rencananya, para gubernur, wali kota dan pemimpin wilayah negara-negara anggota G20 dan non anggota G20 akan ikut berpartisipasi dalam Forum U20.

Baca juga
Sederet Aset Indra Kenz Disita, dari Tesla sampai Ferrari

Harapannya dari hasil pertemuan U20 akan menjadi bahan rekomendasi isu perkotaan dalam pertemuan puncak G20 di Nusa Dua, Bali pada Oktober 2022.

Tinggalkan Komentar