Selasa, 09 Agustus 2022
11 Muharram 1444

Antusias Lansia Vaksin Booster di Puskesmas Kramatjati

Rabu, 12 Jan 2022 - 13:02 WIB
Antusias Lansia Vaksin Booster di Puskesmas Kramatjati

Antusias lansia vaksin booster (dosis tiga) terlihat pada hari pertama, Rabu, (12/01/2022), di fasilitas kesehatan (faskes) Puskesmas Kramatjati, terlihat ramai.

Para lansia yang berdomisili di wilayah Kramatjati, Jakarta Timur, sejak pukul 07.30 WIB sudah mulai memadati fasilitas vaksinasi COVID-19.

Tempat vaksinasi COVID-19 tersebut tepat di samping gedung atau di halaman sekitar Puskesmas Kramatjati.

“Kami telah membuka pelayanan vaksinasi dosis ketiga (booster) sejak pukul 07.30 WIB. Sesuai dengan perintah dari Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, kami menyelenggarakan vaksin ini,” kata Inda Mutiara kepada INILAHCOM, Jakarta, Rabu, (12/01/2022).

Baca juga
Penjelasan Pakar Epidemiologi, Alasan Surabaya Rendah Infeksi Varian Omicron

Inda menambahkan, pihaknya sangat merespon cepat adanya perintah dari Presiden Joko Widodo untuk menggelar vaksinasi dosis ketiga gratis. Hal ini terutama bagi para kelompok rentan, yaitu lansia dan juga yang memiliki autoimun.

“Kami merespon dengan cepat adanya perintah. Tentunya kita harus siap. Alhamdulillah kreterianya sangat cukup dengan 70 persen cakupan vaksinasi di DKI Jakarta. Jadi kami langsung menyelenggarakan vaksin booster ini,” tambah Inda.

Inda menilai, melihat antusias lansia vaksin booster, pihaknya menyediakan 150 dosis vaksin Pfizer dan Astrazaneca. Namun yang menjadi prioritas utama adalah Pfizer.

“Paling cepat pukul 10.30 WIB sudah habis 150 dosis vaksin. Jika masih ada lansia yang datang ingin booster, maka kami layani,” tambahnya.

Baca juga
Pemerintah Izinkan Suporter Nonton Sepak Bola di Stadion, Syaratnya Vaksin Booster

Antusias Lansia Setelah Presiden Umumkan Vaksin Dosis Gratis

Pemerintah memastikan vaksinasi booster atau dosis ketiga gratis untuk seluruh lapisan masyarakat dan prioritas untuk warga lanjut usia (lansia).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjelaskan tak hanya lansia, kelompok rentan terpapar COVID-19 juga jadi prioritas penerima vaksinasi booster.

“Upaya ini penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi,” kata Jokowi.

Menurutnya, calon penerima vaksin booster adalah orang yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis kedua dalam waktu enam bulan.
Pemberian vaksinasi dosis ketiga ini adalah bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat di tengah pandemi COVID-19 ini.

Baca juga
Lawan Omicron, Menko Airlangga: Vaksinasi Booster Tembus 6,3 Juta Akseptor

Penggunaan vaksinasi booster ini telah dapat persetujuan dari BPOM untuk lima vaksin di antaranya CoronaVac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zivivax.

Tinggalkan Komentar