Antusias Para Pesepeda Sambut ITB Ultra Cycling Challenge 2021

ITB Ultra Cycling Challenge (IUCC) 2021 disambut antusias 170 peserta yang sudah lama merindukan event tersebut pasca Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah. Kendati demikian ini merupakan lomba offline berformat exhibition kapasitas terbatas, taat protokol kesehatan  karena masih di tengah pandemi COVID-19.

Para peserta tampak mengenakan jersey eye-catching dengan penuh semangat mengawali star goes dari Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (27/11/2021) pagi.

Pelepasan perdana para peserta dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, lalu Chief Executive Officer (CEO) Inilah.com Fahd Pahdepie, Ketua Umum Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung, Gembong Primajaya dan beberapa perwakilan lainnya.

Baca juga  Sejarah di Era Ridwan Kamil, 30 Tahun Sirkuit Sentul Siap Tunjukkan Wajah Baru

Adapun rutenya dari ITB Ganesha ke ITB Jatinangor berakhir di ITB Cirebon. Ada dua kategori jarak, yaitu Kategori GaDuh yang berjarak 220 km (EG 2.600m) melalui Jatigede, dan Kategori Ceria yang berjarak 150 km (EG 1.300m) melalui Bukit Paralayang.

Mekanik mobile menolong peserta yang mengalami kerusakan sepeda saat gowes menuju garis finish

Panitia menyediakan mekanik mobile yang bertugas memberi pertolongan kepada peserta yang mengalami kendala kerusakan sepeda saat gowes menuju garis finish. Baik untuk yang berjarak 220 km (EG 2.600m) maupun 150 km (EG 1.300m).

“Ada yang jatuh ada yang ban kempes ada yang trouble sepedanya di jalan tol, pokoknya macam-macam. Tetapi semua sudah teratasi. Di setiap check point kita menyediakan makanan dan minuman. Bukan makanan berat. Tetapi kayak pisang dan buah-buahan,” ujar Ketua Panitia IUCC 2021 Adhika Aryaguna kepada Inilah.com, Sabtu (27/11/2021).

Baca juga  Diam-diam Bertemu Ridwan Kamil, Zulhas Bahas Apa?

Segmen yang diperlombakan dalam kegiatan yang diinisiasi para alumni ITB pecinta sepeda ini khusus yang berjarak 220 km, segmen yang diperlombakan itu sejauh 60 km artinya semua harus finish namun yang dilihat catatan waktunya adalah yang di 60 km tepatnya di Jatigede.

“Sedangkan yang berjarak 150 ada segmen tanjakan di Paralayang itu cuman dicari 1 pemenang laki-laki dan 1 perempuan. Masing-masing pemenangnya Rp1 juta. Hadiah untuk di segmen 220 itu juara pertamanya Rp4 juta lalu Rp3juta dan Rp2 juta ini kategori umum,” jelas Adhika.

Sebelummya, Ridwan Kamil resmi melepas 170 peserta lomba IUCC 2021. Ini merupakan lomba offline berformat exhibition karena kapasitas terbatas di era pandemi. Diinisiasi oleh para alumni ITB pecinta sepeda.

Baca juga  Bang Pepen Diciduk KPK, Tri Adhianto Jabat Plt Wali Kota Bekasi

Lomba gowes ini disponsori oleh Inilah.com, Bank BTN, Bank DKI, Unilever, Masagi Koffee dan masih ada lainnya. Kegiatannya dimulai dari pukul 05.00 WIB dan bakal finish pada pukul 17.15 WIB untuk 150 Km dan pukul 20.00 WIB untuk kategori 220 Km.

Tinggalkan Komentar