Minggu, 27 November 2022
03 Jumadil Awwal 1444

Anwar Usman Curcol Lagi, Sebut Adik Jokowi Lebih Cantik Dibanding Desy Ratnasari

Jumat, 03 Jun 2022 - 17:03 WIB
Pernikahan Anwar Usman Idayati - inilah.com
Pernikahan Anwar Usman Idayati

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman curhat colongan (curcol) lagi. Anwar menyebut Idayati, adik Presiden Jokowi, yang resmi dinikahinya di Solo pada 26 Mei 2022 lebih cantik dibanding politisi PAN Desy Ratnasari, yang dulunya dikenal aktif di dunia hiburan.

Anwar mengungkapkan hal ini ketika memberikan kuliah umum di Universitas Kupang, dan diunggah pada channel Youtube MK, Jumat (3/6/2022). Anwar menerima banyak pertanyaan dari kerabatnya yang mengira Anwar menikahi Desy Ratnasari.

“Jadi banyak suara yang masik ke saya, lho menikah dengan adiknya Pak Jokowi atau Desy Ratnasari,” sebut Usman. “Rupanya di TV (Idayati disebut) mirip Desy Ratnasari. Saya jawab, lebih cantik Idayati dari Desy Ratnasari,” selorohnya.

Bukan kali ini Anwar curcol tentang pernikahannya dalam forum pendidikan. Pada Maret 2022, Anwar juga menyinggung rencananya menikahi Idayati dalam acara Stadium General Fakultas Syarian IAIN Pekalongan, yang juga diunggah dalam channel Youtube MK.

Ketika itu Anwar mengeluhkan adanya desakan publik yang memintanya mundur dari jabatan Ketua MK dan hakim konstitusi, karena berniat menikahi adik Jokowi. Anwar diminta mundur karena potensi terjadi konflik kepentingan ketika MK mengadili gugatan terhadap pemerintah.

Anwar menilai adalah haknya untuk menikah, dan jodoh sudah ada yang mengatur. Guratan takdir berkata demikian, Anwar resmi menikahi Idayati kurang sekitar dua bulan setelah acara di IAIN Pekalongan itu.

Dalam memberi kuliah umum di Kupang,  Anwar juga menyinggung adanya opini miring terkait pernikahannya yang disebut politis. Menurutnya opini miring tersebut muncul karena dunia peradilan Indonesia dipenuhi fitnah.

“Jangan heran dunia peradilan penuh dengan fitnah, penuh dengan caci-maki. Tadi saya sampaikan, semakin banyak caci maki, fitnah untuk diri saya, semakin banyak, Insya Allah pahala untuk diri saya,” tuturnya.

Dia menolak pernikahannya dengan Idayati dimaknai dengan tujuan politis. Anwar berkisah berkenalan dengan Idayati pada Oktober 2021 dan tidak mengetahui calon istri keduanya itu adik kandung Jokowi.

“Misalnya ada yang menuding nikah dengan beliau ini perkawinal politik. Lha, saya bukan orang parpol,“ tuturnya. “Saya kadang-kadang ngomong untuk apa? Pak Jokowi juga tidak bisa lagi ikut Pilpres 2024,” keluhnya.

Anwar menikah dengan Idayati setelah menyandang status duda sejak Februari 2021. Istri pertamanya, Suhada, berpulang akibat serangan jantung dan mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Bethsaida, Serpong, Tangerang.

Sedangkan Idayati menyandang status janda pada 2018 setelah suami, Hari Mulyono, meninggal dunia akibat terserang stroke. Anwar meyakini pernikahannya dengan Idayati bukan kebetulan.

“Setelah Pak Jokowi menyetujui saya dengan adiknya untuk dinikahkan, lagi-lagi saya enggak tahu, bicara kebetulan atau bagaimana, tetapi yang pasti tidak ada yang kebetulan menurut Tuhan, menurut Allah, dan menurut agama Islam,” tegas Anwar.

Tinggalkan Komentar