Apakah Kamu Takut Akan Miskin?

Apakah Kamu Takut Akan Miskin? - inilah.com

“Apakah kamu takut akan (menjadi miskin) karena kamu memberikan sedekah sebelum mengadakan pembicaraan dengan Rasul? Maka jika kamu tiada memperbuatnya dan Allah telah memberi taubat kepadamu maka dirikanlah salat, tunaikanlah zakat, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya; dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al Mujaadilah:13)

Penggalan ayat suci Al Quran itu mengajak setiap orang untuk mengeluarkan sedekahnya di jalan Allah SWT. Seperti halnya membantu meringankan beban hidup anak yatim dengan memberikan tempat untuk mereka tinggal tanpa harus memikirkan biaya sewa.

Dalam Tafsir Al-Mukhtashar diartikan, “Apakah kalian khawatir menjadi fakir disebabkan karena mengeluarkan sedekah jika kalian akan mengadakan pembicaraan dengan Rasul? Jika kalian tidak mampu mengerjakan apa yang diperintahkan oleh Allah dalam hal ini dan Allah telah mengampuni kalian dengan memberikan keringanan bagi kalian untuk meninggalkannya, maka kerjakanlah salat dengan sempurna, berikanlah zakat dari hartamu dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan, tidak ada sesuatu pun dari perbuatan kalian yang luput dari-Nya dan Dia akan membalas kalian atas perbuatan tersebut”.

Baca juga  Puluhan Artis Galang Dana untuk Pekerja Seni Terdampak Pandemi

Wakaf pada dasarnya adalah menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum sesuai syariah.

Pelopor Kepedulian RCI mengajak semua untuk berwakaf bersama-sama membebaskan asrama yatim dan duafa binaan dari biaya sewa per tahunnya. Dalam memberikan pelayanan sosial kemanusiaan kepada masyarakat selama ini, Pelopor Kepedulian RCI telah membuat banyak program pemberdayaan di berbagai bidang.

Sumber pendanaan berbagai program tersebut berasal dari zakat, infak, dan sedekah (ZIS) para donatur, baik donatur tetap maupun tidak tetap. Diketahui saat ini asrama mukim yang disediakan untuk anak yatim dan duafa biaan tersebar di 4 lokasi di antaranya Karawaci, Kelapa dua, Pamulang, dan Depok.

Baca juga  Mari Bantu Capai Target Pembangunan Pesantren Anak Pemulung

Seluruh asrama mukim itu hingga kini statusnya masih kontrak atau sewa. Tentunya semua yang bermukim di asrama terancam bakal kehilangan tempat tinggal jika pihak asrama tak mampu lagi membayar biaya sewa.

Mari kita tingkatkan kesadaran akan pentingnya wakaf bagi kaum Muslimin dan mendistribusikan wakaf kepada yang berhak menerimanya dalam bentuk program pemberdayaan atau usaha produktif. Sehingga menjadikan dana wakaf yang berasal dari umat tetap utuf dalam bentuk aset usaha yang terus bergulir.

Pelopor Kepedulian RCI membuka peluang bagi masyarakat yang ingin memiliki tabungan amal saleh yang manfaatnya akan terus berkembang dan dirasakan oleh orang banyak. Mari berbagi rezeki di laman bersedekah.com untuk mengatasi kegundahan anak yatim dan duafa dari kehilangan tempat tinggal.

Baca juga  Lawan Covid-19, Yuk Bantu Sesama

Memberi tidak akan menjadikan anda kekurangan tapi justru sebaliknya, memberi akan membawa perasaan bahagia. Dengan mengeluarkan sedekah, jangan khawatir menjadi fakir.

Tinggalkan Komentar