Minggu, 27 November 2022
03 Jumadil Awwal 1444

APJII Fokus 3 Prioritas untuk Pemerataan Infrastruktur dan Literasi Digital

Rabu, 05 Okt 2022 - 17:06 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Internet Desa (Foto: Desa.id)
Internet Desa (Foto: Desa.id)

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif mengatakan siap membantu pemerintah mewujudkan pemerataan internet melalui tiga program prioritas.

“Melalui tiga program prioritas, ke depannya diharapkan APJII terus memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia,” kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Tiga program prioritas tersebut adalah kolaborasi anggota dan pemangku kepentingan, implementasi program yang inklusif dan penguatan infrastruktur organisasi.

Ia mengatakan melalui tiga program prioritas itu, APJII tidak hanya fokus pada pemerataan internet namun juga memberikan sumbangsih pemikiran demi terwujudnya tata kelola ekosistem digital nasional yang lebih baik.

Baca juga
APJII: Jumlah Perusahaan Layanan Internet Bakal Mencapai 1.000

Untuk program kolaborasi anggota dan pemangku kepentingan, APJII telah bekerja sama dengan pemerintah atau institusi lainnya untuk melakukan pemutakhiran data anggota secara berkala dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Sehingga bisa dipastikan saat ini data penyelenggara telekomunikasi APJII sudah sinkron dengan data Kominfo.

Selain itu, pengurus APJII juga menjalin hubungan, koordinasi dan kerja sama dengan lembaga-lembaga pemerintah dan nonpemerintah, nasional, regional, maupun global serta sosialisasi guna meningkatkan produktivitas anggota.

Sedangkan untuk implementasi program yang inklusif, pengurus APJII mengadakan kerja sama dengan lembaga resmi dalam hal pelatihan, riset, dan sertifikasi yang dibutuhkan oleh anggota dan masyarakat. Hal itu sesuai dengan perkembangan teknologi atau hal-hal baru.

Baca juga
Indosat HiFi Hadirkan Layanan Internet Fiber dengan Kecepatan hingga 100 Mbps

APJII, kata dia, juga memiliki program untuk pengembangan data center serta Indonesia Internet Exchange (IIX).

Tinggalkan Komentar