Selasa, 24 Mei 2022
23 Syawal 1443

Aplikasi PeduliLindungi Hilang di App Store, Kemenkes: Terganjal Masalah Teknis

Aplikasi Pedulilindungi - inilah.com
Foto Inilah.com

Pengguna perangkat Apple iPhone melaporkan bahwa aplikasi PeduliLindungi telah menghilang dari App Store, Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa telah bekerja untuk memulihkan aplikasi pelacakan kesehatan dan mobilitas pemerintah tersebut.

Aplikasi yang penting untuk check-in ke fasilitas umum di seluruh Indonesia itu mendadak hilang dari Apple App Store pada Minggu malam (20/02). Pada saat artikel ini tayang, aplikasi belum kembali ke App Store.

“Ya, kami mengalami masalah teknis. Aplikasinya disetel ke private,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi kepada Inilah.com, Senin (21/02).

Kementerian mengatakan sedang berkoordinasi dengan Apple dan Kominfo untuk mengunggah ulang aplikasi ke App Store.

Baca juga
Foto: Bupati Nonaktif Probolinggo Puput Tantriana Sari Jalani Sidang Tipikor

Pantauan Inilah.com (21/02), saat mencoba mencari Pedulilindungi yang tersedia hanya aplikasi kesehatan lain.

Meskipun menghilang dari App Store, pengguna iPhone yang telah menginstal PeduliLindungi akan menemukan bahwa aplikasi tersebut berfungsi normal.

Bagi yang belum menginstal PeduliLindungi juga bisa menggunakan fitur-fiturnya melalui beberapa appps besar Indonesia yang sudah terintegrasi fungsinya, seperti Gojek, Tokopedia, dan Traveloka.

PeduliLindungi masih tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android.

PeduliLindungi merupakan platform berfungsi dalam pelaksanaan surveilans kesehatan di Indonesia untuk penanganan pandemi COVID-19.

Aplikasi itu kini sudah mencatatkan 90 juta pengguna. Aplikasi ini sangat berguna bagi petugas di bandara, pusat perbelanjaan atau di tempat lainnya untuk mengetahui apakah seseorang sudah menjalani program vaksinasi atau belum.

Baca juga
Bara Dendam Atletico Madrid Jelang Hadapi Barcelona di JIS

Hanya dengan menunjukkan atau lewat fitur pindai QR Code akan tampil data vaksinasi Anda.

Tinggalkan Komentar