Minggu, 04 Juni 2023
14 Dzul Qa'dah 1444

✅ OJK, Ini 9 Aplikasi Pinjaman Online dengan Bunga Rendah

Kamis, 09 Feb 2023 - 12:17 WIB
aplikasi pinjaman online ojk
Ilustrasi: Getty Image

Era teknologi saat ini, memudahkan setiap orang untuk mendapatkan sumber pembiayaan alternatif dari berbagai aplikasi pinjaman online. Mirip dengan penyedia layanan keuangan konvensional, seperti bank. Aplikasi alternatif ini dikenal dengan pinjaman online atau pinjol

Keuntungan dari aplikasi pinjaman online adalah proses yang jauh lebih praktis dan cepat cair. Tidak perlu menunggu lama atau antri di bank, dan dapat diakses dengan mudah karena hanya mengandalkan smartphone. Tak hanya itu, persyaratannya pun terbilang sederhana.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat bertransaksi keuangan apa pun secara online, termasuk pada aktivitas pinjaman online. Pasalnya, pinjaman online umumnya menawarkan bunga harian serta berisiko terhadap penipuan.

Tak heran, belakangan ini banyak penipuan berkedok pinjaman online hadir di tengah masyarakat. Oleh karena itu, Anda pun dituntut waspada serta bijak dalam memilih aplikasi pinjol yang aman dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Daftar Aplikasi Pinjaman Online yang Aman dan Terdaftar OJK

Dikutip dari fintech.id, berikut ini aplikasi pinjol yang aman dan bunganya rendah:

1. Kredivo

Kredivo adalah solusi pinjaman instan yang memberikan Anda kemudahan untuk “Buy Now Pay Later” dengan cicilan 30 hari atau 3 bulan dengan bunga 0 persen, atau cicilan 6 atau 12 bulan dengan bunga 2,6 persen per bulan. 

Kredivo menawarkan layanan yang sederhana dan cepat, semua proses dilakukan secara online dan tanpa survei. Kredivo menawarkan limit hingga 30 juta dan bisa dilunasi kapan saja hanya dengan 2 klik atau KTA cair dalam 1 menit.

Menariknya, Kredivo menawarkan tingkat bunga terendah dibandingkan perusahaan sejenis dan tanpa uang muka. Keamanan Anda akan terjamin. Anda akan menerima kode PIN dan OTP untuk melindungi akun Anda. 

2. Akulaku

Aplikasi yang satu ini cocok bagi yang membutuhkan dana cepat. Akulaku terkenal dengan proses pencairan yang cepat. Anda juga bisa memilih jangka waktu pinjaman, sesuai kebutuhan. Mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

Untuk pendaftarannya pun mudah dilakukan. Cukup menggunakan smartphone dan pinjaman akan ditransfer langsung ke rekening bank Anda. 

Syaratnya sangat sederhana. Anda hanya perlu foto KTP dan informasi dasar, seperti nama dan tempat tinggal. Tak lama kemudian, jalur pinjaman akan terbuka untuk Anda dalam waktu singkat.

Setelah melakukan pengajuan pinjaman di aplikasi, jika lolos verifikasi, dana akan segera dikirim ke rekening yang terhubung.

3. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat beroperasi di bawah PT Kredit Utama Fintech Indonesia (KUFI), sebuah perusahaan financial technology yang memiliki misi memfasilitasi pinjaman dengan menggunakan teknologi.

Rupiah Cepat menggunakan teknologi big data, seperti artificial intelligence (AI) dan machine learning untuk mentransformasi dan memberikan solusi atas permasalahan keuangan konsumen Indonesia. 

Rupiah Cepat juga di bawah pengawasan OJK dan merupakan anggota AFPI atau Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia. Tentunya, aplikasi ini bisa Anda andalkan. 

Seperti aplikasi sebelumnya, persyaratan pengajuan sangat sederhana. Anda bahkan bisa meminjam hingga Rp10 juta. Pengoperasiannya 100 persen online dan hampir semua transaksi diproses melalui HP.  

Calon peminjam dapat mengajukan pinjaman menggunakan HP dan akan disetujui dalam hitungan menit. Anda hanya perlu melampirkan KTP dan rekening bank. Setelah disetujui, pinjaman segera disetorkan ke rekening bank calon peminjam dan kemudian dapat ditarik secara tunai. 

4. Indodana

Indodana (PT. Artha Dana Teknologi) adalah platform pinjaman online yang didirikan pada November 2017 dan telah mendapat izin OJK sejak Mei 2020. Aplikasi ini menawarkan layanan pinjaman, cicilan non kartu kredit, kredit HP dan layanan Paylater.

Indodana menawarkan aplikasi pinjaman sederhana yang bisa dilakukan melalui smartphone. Anda hanya memerlukan KTP, NPWP dan akun Internet Banking/BPJS untuk proses pengajuannya.

Indodana menawarkan pinjaman hingga 12 juta dengan jangka waktu pinjaman yang dapat dipilih hingga 12 bulan. Seperti Kredivo, Indodana menawarkan cicilan dengan bunga 0% jika Anda memilih tenor cicilan 3 bulan. 

Keuntungan lainnya, Anda akan menerima reward jika melakukan pembayaran tepat waktu, yang akan diuangkan setelah masa pinjaman berakhir. Sekarang, Anda bisa dengan nyaman menggunakan Indodana, sebab aplikasi ini juga tersedia di LinkAja. Jadi, Anda tidak perlu repot menginstal aplikasi lain. 

5. Kredit Pintar

Kredit Pintar telah melayani banyak nasabah sejak 2017 dan terkenal dengan bunga tahunannya yang rendah. 

Kredit Pintar adalah aplikasi yang menawarkan layanan pinjaman uang online dengan nama PT. Kredit Pintar Indonesia. Kredit Pintar telah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga dinyatakan sebagai penyedia layanan pinjaman uang online resmi di Indonesia. 

Dengan Kredit Pintar, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan pinjaman tanpa agunan melalui aplikasi Kredit Pintar dengan proses pengajuan yang cepat cair hanya dengan sebuah KTP. 

Selain menawarkan suku bunga rendah, Anda juga bisa mengambil pinjaman dengan tenor yang berbeda. Jumlah pinjaman dan tenor yang tersedia di aplikasi Kredit Pintar:

  • Rp 2.300.000 dengan tenor 3 bulan
  • Rp 6.000.000 dengan tenor 6 bulan
  • Rp 10.000.000 dengan tenor 12 bulan

Jumlah pinjaman Kredit Pintar berkisar antara Rp 600 ribu hingga Rp 20 juta dalam satu kali transaksi. Dengan meningkatkan skor kredit, Anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan mulai Rp5 juta, Rp10 juta hingga Rp20 juta.  Menariknya lagi, Kredit Pintar juga tersedia di aplikasi LinkAja. Anda pun bisa meminjamnya menggunakan aplikasi LinkAja. 

6. JULO

JULO menawarkan layanan kredit digital untuk kebutuhan penduduk Indonesia. Dan, PT JULO Teknologi Finansial telah mendapatkan lisensi penuh dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

JULO memiliki prinsip utama yang membentuk identitas dan karakteristik JULO, yaitu Do it Right, Excellence, Empowerment, Accessible, dan Responsible. JULO menawarkan kemudahan dalam proses pengajuan, aman, dan terpercaya.

Suku bunga yang ditawarkan JULO juga tergolong rendah, mulai dari 0,1 persen per hari. Kredit limit yang ditawarkan bisa hingga Rp15 juta. 

Baca juga
Blusukan Cek Bapok, Zulhas Sambangi Kota Metro Lampung

Keuntungan lain menggunakan JULO adalah apabila bisa melunasi cicilan lebih awal, Anda berkesempatan mendapatkan cashback

7. Tunaiku

Didirikan pada 2014, Tunaiku menawarkan layanan pinjaman uang secara online dengan jangka waktu pembayaran yang umumnya lebih lama dari kompetitornya, yakni antara 6 hingga 20 bulan. Dengan Tunaiku, Anda bisa meminjam mulai Rp2 juta hingga Rp20 juta.

Pencairan pinjaman tunai tergolong cepat, yakni menunggu persetujuan hingga 24 jam. Setelah itu, Anda cukup menandatangani perjanjian pinjaman 1-3 hari kemudian. Namun, jika Anda terlambat membayar cicilan, Anda akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar Rp150 per bulan. 

8. MauCash

MauCash merupakan anak perusahaan dari PT Astra International TBK dan WeLab, perusahaan fintech terkemuka di Hong Kong. MauCash sudah berizin dan telah diawasi OJK serta memiliki standar ISO 27001, menjadikannya sebagai fintech yang aman dan terpercaya.

MauCash memiliki dua produk utama, yakni pinjaman tunai dan Maupaylater. Pinjaman tunai menjawab berbagai kebutuhan dengan limit pinjaman tunai hingga Rp 15 juta dan jangka waktu pinjaman yang dapat disesuaikan sendiri hingga 18 bulan.

Sementara Maupaylater menawarkan limit hingga Rp15 juta untuk transaksi digital mulai dari pembayaran tagihan, pembelian pulsa hingga pembayaran cicilan melalui aplikasi AstraPay. 

9. Danamas

Danamas adalah perusahaan pinjaman P2P atau peer to peer lending di bawah Sinarmas Financial Service. P2P lending adalah layanan atau metode pinjam meminjam uang dalam mata uang Rupiah di Indonesia yang secara langsung menghubungkan kreditur atau lender sebagai pemberi pinjaman dan debitur atau borrower sebagai penerima pinjaman peminjam yang berbasis IT.

Jika Anda berkeinginan meminjam dana di Danamas, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya harus berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), minimal berusia 21 tahun, memiliki rekening di Bank Sinarmas, KTP dan punya usaha produktif yang sedang dikembangkan.

Danamas menawarkan suku bunga yang kompetitif, limit hingga Rp7,5 juta dan jangka waktu pelunasan hingga 3 bulan. 

Tinggalkan Komentar