Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Aplikasi SDM Terbaik dan Alasan Penting Penggunaannya

Communication Network Concept. Iot (internet Of Things) - inilah.com
Istock

Pengelolaan dan pengembangan aplikasi SDM adalah salah satu yang menjadi perhatian dalam sebuah perusahaan. Pengelolaan dan pengembangan aplikasi SDM yang baik diperlukan sekali untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman, menyenangkan, dan aman.

Dengan adanya hal yang sudah disebutkan pada paragraf sebelumnya para karyawan bisa menjadi lebih aktif dan produktif. Oleh sebab itu, perusahaan selalu berusaha untuk membuat sistem kerja SDM seefisien dan seefektif mungkin, salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan software.

Lalu, Apa Sebenarnya Aplikasi SDM itu?

Aplikasi SDM yaitu platform yang dikembangkan untuk mengelola SDM di dalam sebuah institusi atau organisasi supaya terciptanya performa terbaik. Software atau aplikasi SDM idealnya digunakan oleh departemen personalia di setiap badan usaha atau organisasi untuk memudahkan operasional HR sehari-hari, sehingga nantinya mereka memiliki fokus lebih banyak kepada pengembangan SDM dan pertumbuhan bisnis.

Salah satu contoh software atau aplikasi SDM adalah Talenta by Mekari yang berbasis komputasi cloud aman dan bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Aplikasi SDM Talenta juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan untuk mendukung HR dalam mengelola SDM, seperti sistem absensi online, payroll, proses onboarding and offboarding karyawan, juga platform untuk melakukan evaluasi performa para karyawan.

Apakah Aplikasi SDM Talenta Berbasis Online?

Tentu saja iya. Anda bisa mengelola SDM perusahaan Anda secara online. Software SDM Talenta menggunakan sistem komputasi berbasis cloud yang bisa diakses melalui perangkat desktop maupun mobile.

Fitur-Fitur Aplikasi SDM Talenta

Software SDM Talenta didesain untuk membantu berbagai macam bisnis di Indonesia mengelola SDM masing-masing lebih mudah dan aman. Supaya operasional HR sehari-hari bisa dikelola secara otomatis, software SDM Talenta menyediakan berbagai layanan utama seperti berikut:

  1. Software Payroll Online untuk mengoperasikan sistem penggajian secara otomatis, akurat, dan aman pastinya.
  2. Software Attendance Management untuk mengelola absensi, shift, lembur, cuti, dan kerja karyawan.
  3. Software ESS (Employee self-service) supaya para karyawan bisa mengelola administrasi HR secara mandiri.
  4. Software Penilaian Kinerja Para Karyawan untuk mengoptimalkan evaluasi performa para karyawan.
  5. Software Pengelolaan Benefit Para Karyawan Secara Fleksibel dengan menggunakan Mekari Flex.

Apakah Software SDM Talenta itu Gratis?

Anda bisa mencoba aplikasi SDM Talenta yang bersifat gratis. Apabila tertarik, selanjutnya Anda bisa berkonsultasi dengan tim aplikasi tersebut untuk berlangganan paket yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Cara Berlangganan Aplikasi SDM Talenta

Anda bisa mencoba aplikasi SDM Talenta secara gratis atau silakan jadwalkan meeting melalui https://talenta.co untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Aplikasi SDM Talenta Memiliki Sertifikat ISO

Aplikasi SDM Talenta sudah dilengkapi dengan sertifikat ISO 27001 dan otentikasi dari KOMINFO, serta dipercaya oleh banyak perusahaan terkemuka. Talenta by Mekari adalah aplikasi SDM terbaik yang bisa Anda dapatkan di Indonesia saat ini.

Manajemen SDM Terintegrasi Online

Akses Data Secara Online

Data tersimpan dengan standar keamanan internasional pada sistem berbasis cloud yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Hindari Communication

Perkuat komunikasi internal perusahaan Anda dengan alur informasi, delegasi yang akurat serta berjenjang, dan persetujuan.

Rekrutmen Menjadi Lebih Mudah

Nikmati pengalaman Anda dalam mengelola rekrutmen dan onboarding para karyawan dengan sistem online yang komprehensif.

Lebih Efektif dengan Menggunakan Database Online

Operasional HR menjadi jauh lebih praktis dengan manajemen SDM berbasis cloud yang otomatis dan aman.

Pengelolaan Database Para Karyawan Menjadi Mudah

  • Cukup memasukkan data 1 kali karena setiap data akan tersinkronisasi secara otomatis dengan semua database di setiap modul.
  • Tersedia fitur custom filter untuk menemukan, mengimpor, dan mengekspor data-data para karyawan, seperti nama, usia, posisi, dan gaji.
  • Keamanan data terjamin pada sistem dengan server bersertifikasi ISO 27001 dan dilengkapi layanan back up data secara otomatis per hari.

Ciptakan Ekosistem Kerja yang Rapi dan Terstruktur

Optimalkan operasional perusahaan dan kinerja dengan alur kerja sesuai kebutuhan dan budaya teratur serta disiplin.

Alur Koordinasi Menjadi Jelas dan Akurat

  • Susun struktur organisasi serta alur koordinasi berdasarkan jenjang persetujuan untuk mengelola absensi, cuti, reimbursement, dan lain-lain.
  • Adanya fitur multi-channel mass announcement supaya bisa mengirim pesan ke seluruh karyawan dalam satu channel Announcement dengan push notification.
  • Susun tingkatan izin khusus dari tingkatan administrator, manajer, hingga para karyawan sesuai kebutuhan.

Kendalikan Proses Rekrutmen Secara Menyeluruh dengan Mudah

Nikmati proses onboarding efisien dan efektif dengan panduan komprehensif supaya para karyawan baru bisa beradaptasi dengan cepat.

Dashboard Rekrutmen Hingga Onboarding Lengkap

  • Permudah proses rekrutmen Anda dengan fitur drag-and-drop untuk mendapatkan visualisasi alur rekrutmen terbaik dan tercepat.
  • Pantau proses onboarding dengan menggunakan fitur checklist virtual untuk memastikan setiap tahapan berjalan dengan lancar.
  • Arsipkan komponen onboarding dalam satu platform, seperti pesangon, pembayaran kompensasi, dan lain-lain pada saat para karyawan mengundurkan diri.

Aplikasi Talenta by Mekari

Rekomendasi yang paling bagus adalah aplikasi SDM Talenta. Talenta merupakan sebuah software yang dikembangkan oleh Mekari dan dikenal memiliki fitur yang lengkap seperti, HRIS (Human Resources Information System), payroll, manajemen waktu, serta Mekari Benefit. Setiap aplikasi pastinya memiliki fungsi masing-masing yang bisa membantu pekerjaan SDM.

Selain itu, aplikasi tersebut juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang bisa memudahkan para karyawan untuk mengakses aplikasi tersebut melalui smartphone atau gadget masing-masing.

Fitur-fitur yang disediakan aplikasi unggulan ini juga dilengkapi dengan detail, sehingga bisa memudahkan para karyawan dalam melakukan pekerjaan. Contohnya, pada fitur payroll/ daftar gaji, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan begitu perhitungan bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

Cara Penggunaan Aplikasi Talenta

Terdapat beberapa hal yang penting ketika menggunakan Talenta sebagai aplikasi. Bisa dengan cara men-download terlebih dahulu menggunakan PC atau laptop ataupun ponsel. Lalu, lakukan login pada aplikasi dan bersiap untuk memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi Talenta unggulan tersebut.

Fitur yang ada di aplikasi satu ini sangat memudahkan penggunanya, baik sebagai karyawan maupun perusahaan dalam memperlancar aktivitas perusahaan terkait absensi, gaji, dan fitur-fitur lainnya. Hal tersebut bisa memberikan dampak positif serta fleksibilitas dalam pengelolaan karyawan secara menyeluruh.

Selanjutnya, apabila aplikasi tersebut sudah ada baik di ponsel maupun PC tinggal menggunakannya saja sesuai kebutuhan. Contohnya saja fitur request time off, fitur tersebut memudahkan para karyawan untuk mengambil cuti. Buka saja aplikasinya, lalu pilih request time off dan bisa tentukan lama cuti, misalnya 1 hari, setengah hari, atau beberapa hari.

Beberapa Alasan Pentingnya Penggunaan Aplikasi SDM

1. Mengurangi Kepadatan Pekerjaan dan Waktu

Pada saat ini, aplikasi HR telah membuat kemajuan pesat secara otomatisasi. Tugas-tugas seperti penilaian, penyimpanan dokumen, pengelolaan informasi, dan analisis kinerja karyawan bisa dengan mudah diatur dalam satu aplikasi saja.

Aplikasi HR memungkinkan perusahaan untuk bisa mengotomatiskan banyak tugas terpenting dalam fungsi SDM. Anda bisa mengotomatiskan presensi, penggajian, hingga operasional SDM dengan jauh lebih cepat. Hal tersebut selain bisa mengurangi kepadatan pekerjaan, pastinya juga bisa mewujudkan efektifitas dalam pengaturan jadwal dan pola kerja karyawan di perusahaan.

2. Mendukung Penghematan Biaya dan Paperless

Salah satu kelebihan penggunaan aplikasi HR adalah semua data bisa diakses melalui smartphone. Sehingga, proses tersebut bisa mengurangi penggunaan kertas di perusahaan melalui sistem pengarsipan yang komprehensif.

Akan tetapi, sebagian dari Anda mungkin akan mempertimbangkan biaya di awal untuk aplikasi, tetapi dalam jangka waktu yang panjang perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dari pemanfaatan aplikasi HR tersebut. Bahkan untuk usaha kecil dan menengah aplikasi tersebut bisa sangat membantu proses operasional SDM.

3. Unit Kerja SDM Bisa Lebih Fokus Pada Pekerjaan Strategis Lainnya

Seiring pertumbuhan perusahaan, tidak bisa dipungkiri permintaan dan tugas untuk unit kerja atau departemen SDM akan jauh lebih banyak lagi. Karena peran unit kerja SDM adalah satu, tetapi pada banyak bidang.

Masuk logika untuk memiliki alat yang bisa bahkan mampu menangani sebanyak mungkin fungsi yang diperlukan. Hal tersebut memungkinkan manajer SDM untuk fokus pada tugas-tugas strategis dan penting lainnya, seperti strategi pelatihan karyawan, perekrutan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, dengan adanya aplikasi HR, unit kerja SDM bisa menghubungkan sistem perekrutan ke database karyawan, bahkan bisa memungkinkan untuk menambahkan informasi kebutuhan yang terkait dengan lamaran kerja.

4. Mengurangi Risiko Kesalahan dan Duplikasi

Memang benar bahwa penggunaan aplikasi HR memiliki banyak keuntungan, seperti pengurangan tenaga, waktu proses yang lebih efisien, hingga komunikasi antar departemen atau unit bisa jauh lebih cepat. Akan tetapi, selain itu ada hal jauh lebih penting yang perlu Anda ketahui. Penggunaan aplikasi HR bisa menekan kemungkinan risiko kesalahan ataupun duplikasi karena berkat penerapan formula serta otomatisasi.

Apabila Anda masih menggunakan cara yang manual, pasti akan selalu ada risiko duplikasi dan kesalahan pekerjaan. Akan tetapi, dengan bantuan aplikasi HR, secara signifikan Anda bisa mengurangi risiko dengan formula yang telah dibuat yang tidak memungkinkan Anda untuk memasukkan data dalam format yang salah, seperti notifikasi peringatan saat terjadi duplikasi data.

5. Layanan Mandiri Karyawan

Dengan aplikasi HR, perusahaan bisa menetapkan peran, aturan, dan izin pengguna yang didefinisikan dengan jelas, sehingga setiap karyawan sebagai pengguna bisa menjalani tanggung jawabnya dengan baik. Termasuk juga bisa melakukan kendali atas data mereka dan memperbarui informasi pribadi mereka apabila dibutuhkan.

Setiap karyawan juga bisa melihat ulasan pengembangan kemampuan dan berpartisipasi dalam pelatihan sesuai kebutuhan mereka. Jadi, setiap karyawan juga bisa menggunakan aplikasi HR secara mandiri.

Itulah aplikasi SDM terbaik dan terpercaya yang bisa membantu aktivitas SDM perusahaan serta beberapa alasan pentingnya menggunakannya. Dalam memilih aplikasi SDM, sebaiknya Anda memperhatikan juga sistem keamanan serta inovasi dalam berbagai situasi, seperti halnya aplikasi Talenta.

Aplikasi SDM Talenta memiliki sistem penyimpanan cloud yang mampu mencegah Anda dari kehilangan data. Selain itu, aplikasi tersebut juga memberikan beberapa inovasi pada aplikasinya untuk menyesuaikan situasi perusahaan. Selain itu, untuk memudahkan Anda dalam mengelola absensi, kehadiran, izin, dan menggaji para karyawan Anda.

Aplikasi Talenta ini adalah software daftar gaji dan HRIS yang terautomasi. Absensi, reimbursement, hingga pengurusan daftar gaji akan terasa jauh lebih mudah dengan bantuan aplikasi HR tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi SDM Talenta, perhitungan Anda akan terperinci secara otomatis. Perhitungan untuk setiap komponen daftar gaji atau penggajian selalu akurat dan sesuai dengan hak setiap karyawan dan ketentuan pemerintah. Daftar gaji atau penggajian bisa dilakukan melalui transfer dari sistem dengan tepat waktu ke setiap karyawan tanpa membebani SDM dan status pembayaran menjadi lebih terpant diau.

Tinggalkan Komentar