Rabu, 25 Mei 2022
24 Syawal 1443

Apple Tendang Pengembang Aplikasi yang Malas Update dari App Store

Apple - inilah.com
Gettyimages

Pekan ini, Apple merilis kebijakan baru di toko aplikasi App Store menyangkut soal pembersihan akun-akun pengembang (developer) aplikasi yang “terbengkalai”, alias jarang ada update atau pembaruan.

Langkah tersebut merupakan bagian dari program “Peningkatan Appstore” Apple untuk memastikan kualitas dan keamanan aplikasi.

Namun, sejumlah pengembang menantang permintaan itu. Menurut mereka, keputusan terbaru Apple merugikan. “Apple baru saja mengirim email akan menghapus game gratis Motivoto karena sudah lebih dari dua tahun. Ini tidak keren. Padahal game konsol dari tahun 2000 masih tersedia untuk dijual. Keputusan ini menjadi penghalang yang tidak adil bagi pengembang indie,” kata @protopop dalam akun Twitter.

Baca juga
Pengumuman! Google Bakal Hapus Aplikasi Perekam Panggilan di Android

Sampai sekarang, perusahaan milik Tim Cook itu tidak menanggapi permintaan komentar. Menurut data yang dikumpulkan oleh Statista, ada dua juta aplikasi di Appstore dan keputusan terbaru Apple dilakukan untuk memastikan kualitas aplikasi. Biasanya, perusahaan berfokus dalam upaya meninjau aplikasi sebelum tersedia di Appstore.

Namun, perusahaan juga mengakui potensi masalah keamanan dan kompatibilitas aplikasi yang tersisa di layanannya tanpa pembaruan selama bertahun-tahun. Sejak tahun 2016, Apple sudah mengakatan akan menghapus aplikasi lama yang belum diperbarui di Appstorenya.

melansir Tech radar, Selasa (26/4/2022), dokumen dukungan Apple di situs webnya mengatakan aplikasi di semua kategori di Appstore akan dievaluasi untuk memastikan mereka berfungsi seperti yang diharapkan, mengikuti pedoman tinjauan saat ini, dan tidak ketinggalan zaman.

Baca juga
FAST Rescue, Aplikasi Mobile Pertama Penanganan Stroke di Indonesia

Awal bulan ini, Google juga mengumumkan langkah serupa. Google mengatakan kebijakan barunya tidak akan berlaku sampai musim gugur ini.

Tinggalkan Komentar