Senin, 16 Mei 2022
15 Syawal 1443

April 2022, Korlantas Mulai Berlakukan ETLE Tol Trans-Jawa dan Tol Trans-Sumatera

Tol Trans Jawa
Penerepan ETLE di Tol TransJawa (foto Antara)

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai memberlakukan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Tol Trans-Jawa dan Tol Trans-Sumatera per April 2022.

Direktur Penegakkan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan ada dua jenis pelanggaran, yakni kelebihan muatan (overload) dan kecepatan berlebih atau overspeed.

“Yang pertama adalah pelanggaran overload ini di tol Transjabar kemudian yang kedua pelanggaran overspeed ini ada di tol Transjawa dan Transsumatera,” katanya.

Aan menyebut mulai Jumat (1/4/2022) sebanyak 244 kamera ETLE Nasional Presisi akan diimplementasikan.

Dikatakan pula bahwa mekanisme penindakan yang bakal diterapkan Korlantas Polri.

“Jadi, setelah di-capture pelanggaran tersebut overload maupun overspeed, ini akan masuk ke back office Korlantas. Dari back office diproses, divalidasi, diverifikasi. Setelah diverifikasi ini layak untuk dikirim surat konfirmasi begitu secara fisik maupun melalui web yang ada,” jelas Aan.

Baca juga
Satu Keluarga Perkosa 2 Anak di Bawah Umur, Komnas Anak Dorong Pelaku Dikebiri

Ia mengatakan bahwa masyarakat yang telah mengunduh web tentang ETLE bakal mendapat notifikasi jika melakukan pelanggaran.

Jika tidak, menurut dia, surat konfirmasi ihwal pelanggaran bakal dikirim ke alamat kendaraan.

“Setelah ada konfirmasi, kewajiban selanjutnya adalah membayar denda tilang. Denda maksimal yang sudah ditentukan itu melalui rekening BRIVA,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar