Selasa, 06 Desember 2022
12 Jumadil Awwal 1444

Arab Saudi Libur Nasional Usai Taklukkan Argentina di Piala Dunia 2022

Rabu, 23 Nov 2022 - 09:17 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Arab Saudi
Fans Arab Saudi merayakan kemenangan di Kota Lusail, Qatar pada Selasa (22/11/2022).(Foto: Gettyimages/Amin Mohammad Jamali)

Raja Arab, Salman bin Abdulaziz Al Said menyatakan hari Rabu (23/11/2022) sebagai hari libur untuk sektor swasta dan pemerintah setelah kemenangan tim nasional atas Argentina 2-1 di penyisihan Grup C Piala Dunia Qatar, Selasa (21/11/2022). Hal ini sebagai bentuk perayaan kemenangan Si Elang Hijau yang memberi kejutan di laga perdana Piala Dunia Qatar 2022.

“Direkomendasikan agar besok (hari ini), Rabu, menjadi hari libur bagi semua pegawai di semua sektor negara dan swasta, dan pelajar putra dan putri di semua jenjang pendidikan,” tulis pernyataan itu mengutip Al arabiya.

“Petunjuk itu sesuai dengan apa yang diusulkan oleh Yang Mulia setelah kemenangan tim nasional Saudi atas tim nasional Argentina di Piala Dunia,” tambah keterangan tersebut.

Baca juga
Wartawan Israel Menyusup ke Makkah Tuai Kecaman

Hari raya tersebut diperuntukkan bagi karyawan di semua sektor baik negeri maupun swasta dan berlaku bagi pelajar di semua jenjang pendidikan.

Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS) juga ikut merayakan kemenangan tim Elang Hijau. Pada sebuah video yang beredar, Pangeran MbS menonton pertandingan dari rumah, ia pun bersukacita dan memeluk orang-orang di sekitarnya ketika Saudi menang.

Pelatih Arab Saudi Herve Renard mengaku senang dengan performa tim Elang Hijau, meski pada babak pertama performanya kurang bagus. Renard juga berhasil membaca psikologis pemain Argentina.

“Hari ini semua bintang di langit berjajar untuk kita. Semuanya bisa terjadi dalam sepak bola, terkadang kamu tahu musuhmu tidak dalam kondisi terbaiknya. Bayangkan bahwa bagi Lionel Messi saat bermain melawan Arab Saudi, kau tahu motivasinya tidak seperti saat kamu melawan Brasil. Ini normal,” ujarnya.

Baca juga
Qatar Longgarkan Aturan agar Piala Dunia Ramai, Boleh Ngebir sampai Ekspresikan LGBT

Kemenangan Arab Saudi atas Argentina menjadi kejutan pertama di kancah Piala Dunia 2022 mengingat Argentina menyandang status sebagai favorit juara. Kemenangan Arab Saudi membuat rekor 36 laga tak terkalahkan milik Argentina putus.

Argentina terakhir kali kalah dalam pertandingan resmi pada Juli 2019. Kala itu, mereka kalah daru Brasil dengan skor 0-2 di semifinal Copa America 2019.

Tinggalkan Komentar