Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

Arus Balik, Pengiriman Motor Gratis KA Masih Tersedia 3.040 Kuota

Pengiriman Motor Gratis

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat masih terdapat 3.040 kuota pengiriman motor gratis (MOTIS) 2022 pada periode arus balik yang telah dimulai dan akan berlangsung hingga 9 Mei 2022 mendatang.

“Kami mengimbau masyarakat yang berencana melakukan perjalanan balik menggunakan sepeda motor agar dapat memanfaatkan program yang telah disediakan oleh pemerintah, sehingga dapat melakukan perjalanan balik dengan lebih aman dan nyaman,” ujar Direktur Utama KAI Logistik Ahmad Malik Syah, Jumat (6/5/2022).

Pengiriman motor gratis melalui kereta api tengah diselenggarakan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan menugaskan KAI sebagai pelaksana program.

Ahmad menjelaskan pendaftaran MOTIS 2022 telah dibuka sejak 20 April 2022 baik melalui online di http://bit.ly/motis2022 maupun pendaftaran secara langsung di stasiun-stasiun yang melayani program.

Baca juga
Nataru, KAI Sediakan 72 Ribu Tiket per Hari

Selama periode arus mudik pada 26-30 April 2022 KAI Logistik telah mengangkut sebanyak 1.284 motor yang dikirimkan ke berbagai kota, baik pada lintas utara maupun lintas selatan.

“Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program namun belum memiliki tiket, disediakan fasilitas pembelian tiket kereta api yang dapat diakses secara langsung bersamaan dengan pendaftaran pengiriman motor gratis di stasiun-stasiun yang ditunjuk,” jelasnya.

Hingga 5 Mei 2022, kuota tiket kereta api relasi Pasar Senen-Semarang Tawang (PP) dan Pasar Senen-Purwosari (PP) masih tersedia sejumlah 6.953 selama periode arus balik pada 5-9 Mei 2022.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar pada program pengiriman motor gratis dapat membeli maksimal 3 tiket kereta api.

Baca juga
Foto: Daop 1 Jakarta Tertibkan 326 Bangunan Liar di Stasiun Tanjung Priok

KAI mencatat sejumlah 3.633 peserta telah melakukan pendaftaran selama periode 20 April hingga 4 Mei 2022, baik untuk arus mudik maupun arus balik.

Sementara puncak pengiriman arus balik diprediksi akan terjadi pada tanggal 8 Mei 2022 dengan jumlah motor yang telah didaftarkan sejumlah 427 motor dan akan terus bertambah selama pendaftaran masih terbuka hingga kuota telah terpenuhi.

Peserta program wajib melakukan pendaftaran ulang dan penyerahan motor pada H-1 dari tanggal pengiriman yang dipilih dengan membawa dokumen asli berupa tiket, KTP dan STNK.

Selama proses pengiriman, peserta program dapat melakukan pelacakan mandiri melalui aplikasi KAI Access atau portal kalogistics.co.id dengan memasukkan nomor pengiriman/Bukti Tanda Terima (BTT).

Baca juga
Perwira Polisi Cabuli Pelayan Kantin di Rumah Dinas

Peserta MOTIS juga akan menerima SMS notifikasi kedatangan motor untuk dapat segera diambil di stasiun tujuan dengan batas pengambilan 1×24 jam. Peserta cukup menunjukkan dokumen asli berupa KTP, STNK dan BTT kepada petugas.

Tinggalkan Komentar