Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

AS Lolos ke 16 Besar Usai Bungkam Iran 1-0

Rabu, 30 Nov 2022 - 05:03 WIB
As Iran
Christian Pulisic mencetak satu-satunya gol kemenangan AS ke gawang Iran demi membawa timnya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. (foto: Getty Images)

Amerika Serikat (AS) lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah sukses mengalahkan Iran dengan skor tipis 1-0 pada pertandingan pamungkas penyisihan Grup B, pada Rabu (30/11/2022) dini hari WIB.

Berlangsung di Stadion Al Thumama, laga AS versus Iran berlangsung sengit sejak awal babak pertama. Kedua kubu memeragakan permainan cepat dan sarat duel keras di lapangan.

Meski demikian, AS lebih mendominasi peluang di babak pertama. Christian Pulisic sempat menebar ancaman di menit ke-11 melalui sundulan, namun masih bisa diamankan kiper Alireza Beiranvand.

Timothy Weah juga mendapat peluang bagus di menit ke-28. Sayang sundulannya memanfaatkan bola liar masih terlalu lemah sehingga mudah diantisipasi Beiranvand.

Baca juga
Putri Candrawathi Diperkosa ketika Tidur, Komnas Perempuan: Silakan Didalami

Serangan yang dibangun AS baru membuahkan hasil di menit ke-38. Pulisic yang muncul dari belakang sukses menyambar umpan sundulan Sergino Dest yang bergulir di depan gawang. Skor 1-0 untuk AS.

Weah sebenarnya sempat mencetak gol di masa injury time. Tapi gol tersebut dianulir wasit karena Weah lebih dulu terperangkap offside.

Memasuki babak kedua, Iran mencoba meningkatkan intensitas serangan. Namun pertahan AS tak mudah ditembus Mehdi Taremi dkk.

Pada menit ke-64, Iran nyaris menyamakan skor lewat aksi Saman Ghoddos. Sayangnya tembakan pemain bernomor punggung 14 itu masih melenceng tipis di sisi kiri tiang gawang AS yang dijaga oleh Matt Turner.

Baca juga
Kasus Etik Lili Jadi Sorotan, KPK Sentil Balik AS

Iran mampu mendominasi serangan di 20 menit terakhir, akan tetapi upaya yang dibangun kerap terbuang sia-sia karena kesalahan umpan di sepertiga akhir daerah pertahanan lawan.

Meski tertekan di menit-menit akhir, tim berjulukan The Yanks berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 atas Iran. Hasil ini membuat AS finis sebagai runner-up Grup B mendampingi Inggris ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Di perdelapan final nanti, AS sudah ditunggu oleh Belanda yang berstatus juara Grup A. Laga ini akan berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Doha, pada Sabtu (3/11/2022) pukul 22.00 WIB.

Tinggalkan Komentar