Jumat, 27 Mei 2022
26 Syawal 1443

Asa Game Lokal Bersaing dengan Global

Lokapala Jawara Nusantara 1 - inilah.com
Lokapala Jawara Nusantara 1

Jumlah masyarakat Indonesia yang mengonsumsi game lokal masih sedikit, kurang dari 1 persen. Penyebabnya, antara lain, kualitas game lokal yang disinyalir masih belum setara dengan gim buatan asing.

Untuk itu diperlukan kolaborasi dari semua pihak seperti Melon Indonesia yang dibentuk Telkom untuk terus berkomitmen untuk mendorong kemajuan industri game di tanah air, khususnya game lokal.

Hal ini pun dibuktikan dengan keterlibatan Melon Indonesia dalam turnamen game Lokapala: Saga Of The Six Realms bertajuk “Jawara Nusantara” yang digagas oleh Dunia Games Telkomsel pada 21-27 Maret 2022.

Direktur Utama Melon Indonesia Aris Sudewo menjelaskan, bahwa keterlibatan Melon Indonesia dalam turnamen tersebut tak lain sebagai bentuk dukungan terhadap game lokal agar memiliki daya saing dengan game-game buatan developer asing. Di antara berbagai judul game lokal yang beredar di Indonesia, Lokapala: Saga Of The Six Realms menjadi salah satu game yang sukses diterima oleh para gamer di Indonesia.

Baca juga
Respon Harapan Warga dan Cara Erick Thohir Hargai Pengorbanan Tukang Rakit

“Saya berharap game lokal Lokapala semakin diterima dan dicintai oleh masyarakat Indonesia khususnya pecinta gim MOBA (Multipalyer Online Battle Arena). Tentunya Lokapala sebagai game lokal harus terus bisa bersaing dengan game MOBA lainnya guna menjawab tantangan industri game di tanah air dan bisa menjadi lokomotif awal perkembangan industri game lokal di Indonesia yang inklusif,” ucap Aris Sudewo selaku Direktur Utama Melon Indonesia dalam keterangan tertulis kepada Inilah.com, Minggu (10/04/2022).

“Kami dari Melon Indonesia bagian dari Telkom Group sebagai publisher tentunya juga berharap gim lokal dapat terus mendorong industri kreatif di Indonesia secara keseluruhan, mulai dari Developer, Esports Player, Talent Caster, dan Content Creator” tambah Aris Sudewo.

Baca juga
Vivo Jungkalkan Xiaomi di Pasar Ponsel Indonesia Q3 2021

Penyelenggaraan turnamen game Lokapala: Saga Of The Six Realms bertajuk “Jawara Nusantara” berlangsung meriah dan seru dengan tim esports Jeet Capital yang keluar sebagai pemenang. Jeet Capital berhasil menjadi juara setelah berhasil melakukan Epic Comeback saat melawan Dewa United di babak grand final, Minggu (27/3).

Sempat tertinggal 2-0 dari Dewa United, akhirnya Jeet Capital berhasil membalikan keadaan 4-2 dari Dewa United.

Dengan kekalahan tersebut, maka Dewa United harus puas menempati juara kedua dalam turnamen “Jawara Nusantara”, disusul oleh Rans Esports di posisi ketiga setelah berhasil mengalahkan Bonafide Esports. Para pemenang turnamen “Jawara Nusantara” mendapatkan total hadiah senilai Rp100 juta.

Baca juga
Sistem Penggerak Roda Depan Bukan Kendala Melibas Tanjakan

Sejak pertama kali diumumkan, turnamen ini langsung menarik perhatian gamer tanah air. Hal ini terbukti dari jumlah peserta yang mengikuti turnamen dengan total peserta mencapai 215 tim dari seluruh penjuru Indonesia.

Setelah melakukan Special Awarding Ceremony Lokapala Jawara Nusantara yang diadakan secara online pada 1 April 2022, Melon Indonesia bersama dengan Dunia Games Telkomsel menggelar ceremonial secara offline yang dilaksanakan di Telkomsel Smart Office (TSO) pada Rabu 6 April 2022.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Menteri BUMN Erick Thohir yang secara langsung memberikan hadiah simbolis kepada pemenang turnamen Lokapala Jawara Nusantara.

Tinggalkan Komentar