Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

Asal Elektabilitas Tinggi, Prabowo Punya Peluang Diusung NasDem jadi Capres 2024

Prabowo Nasdem
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (ist)

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki peluang diusung Partai NasDem maju menjadi calon Presiden di Pilpres 2024 nanti, asalkan memiliki elektabilitas tinggi dan direstui Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem se-Indonesia dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Juni 2022 mendatang.

Politisi Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan, partainya akan membuka ruang bagi siapapun untuk mencalonkan diri sebagai calon Presiden dengan pertimbangan besarnya peluang untuk menang di Pilpres 2024, termasuk Prabowo Subianto.

Sebab, Partai NasDem memiliki slogan ‘play to win’ sehingga ingin selalu meraih kemenangan dalam setiap kontestasi politik.

“Tidak menutup kemungkinan Prabowo (diusung Partai NasDem), karena Partai Nasdem memiliki tagline ‘play to win’, syarat pertama elektabilitas harus mencukupi, kalau tidak mencukupi tidak akan didukung. NasDem akan mendukung siapapun warga negara yang memiliki pemahaman restorasi Indonesia,” kata Irma saat dihubungi Inilah.com, di Jakarta, Jumat (6/5/2022).

Baca juga
Selain Prabowo, Fadli Zon Juga Pernah Ditegur Ketua RW

Lebih lanjut, sambung dia, Prabowo juga dipersilakan untuk melakukan pendekatan dan penjajakan sebagai bakal calon Presiden kepada Ketua DPW Partai NasDem di daerah, sehingga saat Rakernas, DPW daerah tersebut menyuarakan nama Prabowo menjadi calon Presiden usulan Partai NasDem.

“Politik itu dinamis, kepentingan kita akan lihat kepada tokoh yang mencalonkan. Kalau silaturahmi kepada DPW Nasdem, ngga apa-apa. Nantinya DPP Partai NasDem akan memutuskan karena akan melakukan penjaringan secara elektabilitas,” bebernya.

Diketahui, Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh akan menerima tiga usulan bakal calon presiden dalam Rakernas Partai NasDem 15-17 Juni mendatang.

Baca juga
Duga Sarat Kolusi Tender, Faisal Sebut Biaya Jalan Tol Era Jokowi Mahal

Selanjutnya, Surya Paloh akan memilih satu dari tiga bakal calon Presiden usulan Partai NasDem yang akan diusung dalam Pilpres 2024.

Sebelumnya, Prabowo Subianto relatif sering mencatatkan namanya di tiga besar lembaga survei. Charta Politika merilis survei elektabilitas calon Presiden per tanggal 14-19 Februari 2022 di tiga provinsi, yakni Kalimantan Timur, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di Kalimantan Timur, Prabowo memuncaki survei dengan perolehan 29,3 persen. Kemudian disusul Ganjar Pranowo 19,9 persen dan Anies Baswedan mendapat 18,4 persen.

Sedangkan, di Jawa Tengah, Prabowo harus puas berada di urutan kedua dengan perolehan 9 persen di bawah Ganjar Pranowo.

Baca juga
Sudah 83,4 Juta Warga Indonesia Terima Vaksinasi COVID-19 Dosis Lengkap

Kemudian, survei di NTT juga menempatkan Prabowo di urutan kedua dengan perolehan 21,5 persen.

Di sisi lainnya, hasil survei yang dirilis Survey dan Polling Indonesia (SPIN) pada tanggal 28 Maret-7 April 2022 menempatkan elektabilitas Prabowo berada di puncak survei dengan mendapatkan 26,5 persen, kemudian disusul Ganjar 17,2 persen, dan Anies Baswedan 13,9 persen. [ikh]

Tinggalkan Komentar