Sempat Batal karena Kurangnya Marshal, Balapan IATC di Mandalika Diundur Pekan Depan

Antarafoto Tiga Warna Penting Di Sirkuit Mandalika 051121 As 3 - inilah.com
Sirkuit Mandalika

Ajang balap motor Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 yang seharusnya digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (14/11/2021) terpaksa ditunda.

Setelah berdiskusi, pada akhirnya dua balapan di Sirkuit Mandalika itu dimundurkan hingga pekan depan.

Sebagaimana diketahui, Sirkuit Mandalika rencananya akan debut sebagai lintasan balap Internasional pada ajang IATC 2021. Balapan ini dijadwalkan berlangsung pada 12-14 November 2021. Sesi kualifikasi sudah berlangsung pada Sabtu (13/11/2021). Tetapi, dua balapan utama yang seharusnya diadakan pada hari Minggu tak bisa diselenggarakan sesuai rencana.

Padahal, setiap pembalap yang ikut telah masuk ke lintasan dan bersiap untuk memulai balapan. Namun, mereka kemudian terpaksa gagal turun ke lintasan, karena minimnya marshal atau petugas yang ada di sirkuit.

Baca juga  Mengenal Marshal, Relawan Sirkuit yang Bikin Balapan di Mandalika Batal

Seharusnya, balapan pertama IATC Mandalika 2021 berlangsung pada pukul 12.00 WITA. Sedangkan balapan kedua dijadwalkan mulai berjalan pada pukul 16.00 WITA. Sayang, balapan pertama kemudian harus dibatalkan. Hal itu menyusul minimnya marshal atau petugas lintasan yang tersedia.

Awalnya balapan kedua sempat diharapkan dapat diadakan, namun masalah serupa juga mengadang. Menurut peraturan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), seharusnya terdapat setidaknya ada delapan orang marshal di setiap pos. Akan tetapi, hal tersebut tidak bisa dipenuhi oleh pihak Sirkuit Mandalika.

Dengan kejadian ini, Dorna Sports selaku promotor pun memutuskan untuk menunda balapan. Dengan begitu, akan ada empat balapan IATC yang berlangsung berbarengan dengan World Superbike (WSBK).

Baca juga  Ducati Geram, Sebut Ajang WSBK di Mandalika Mirip Kebobrokan 40 Tahun Silam

“Balapan IATC yang rencananya berlangsung di Sirkuit Mandalika pada Minggu, 14 November telah dijadwal ulang ke pekan depan. Dorna Sports, bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dapat memastikan jika akan ada empat balapan IATC yang akan berlangsung dari 19 hingga 21 November, bersamaan dengan WSBK,” demikian bunyi pernyataan di laman resmi IATC, Minggu.

“Balapan pertama IATC direncanakan berlangsung di Mandalika, dalam menguji lintasan baru. Terdapat tantangan dalam organisasi olahraga dan sekarang tengah diatasi, demi keamanan para pembalap,” imbuh pernyataan resmi pihak IATC.

Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika menjadi tuan rumah seri ke-3 dan ke-4 IATC yang telah menggelar dua seri pertama di Losail, Qatar.

Baca juga  Sambut MotoGP, Sirkuit Mandalika Pertamina Bakal 'Dipercantik'

Pembalap Jepang Taiyo Furusato memimpin puncak klasemen sementara setelah memenangi keempat balapan di Qatar dan mengemas 100 poin, unggul 41 poin atas rival terdekatnya Danial Sharil asal Malaysia.

Pada musim depan, Furusato dipromosikan naik kelas ke Moto3 menjadi rekan satu tim pembalap Indonesia Mario Suryo Aji di Asia Honda Team.

Seri ATC 2021 diramaikan pula oleh empat pembalap Indonesia yaitu Fadillah Aditama, Herjun Firdaus, Herlian Dandi, dan Azryan Dheyo.

Tinggalkan Komentar