ASN Terlibat Korupsi, MenPANRB Siapkan Sanksi Tegas

ASN Terlibat Korupsi, MenPANRB Siapkan Sanksi Tegas - inilah.com

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo akan memberikan sanksi tegas kepada setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat tindak korupsi.

Ini terkait dengan adanya kasus kepala daerah yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga melakukan praktik jual beli jabatan.

“Sistem pengisian jabatan di luar jabatan pimpinan tinggi (JPT) harus dibenahi, serta pengawasan juga diperkuat,” kata Tjahjo.

Karena itu dirinya mengingatkan adanya sanksi berupa pemberhentian tidak hormat terhadap ASN yang secara inkracht terlibat tindak pidana korupsi. Saat ini KemenPANRB juga akan memberlakukan manajemen talenta supaya hanya sumber daya kompeten yang dapat menduduki jabatan tertentu.

Baca juga  Infrastruktur Mubazir Bikin Keuangan Negara Tekor, Harus Ada yang Bertanggung Jawab

Diketahui, beberapa kepala daerah yang tersangkut kasus korupsi di antaranya Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, Bupati Klaten saat dijabat Sri Hartini, Bupati Nganjuk saat dijabat Taufiqurrahman, Bupati Kudus saat dijabat M Tamzil, Bupati Jombang saat dijabat Nyono Suharti Wihandoko.

Tinggalkan Komentar