Selasa, 04 Oktober 2022
08 Rabi'ul Awwal 1444

Aspal Mandalika Dikritik Pebalap MotoGP, Bos IMI Siap Benahi

Selasa, 15 Feb 2022 - 11:28 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Aspal Mandalika Dikritik Pebalap MotoGP, Bos IMI Siap Benahi
Aspal Mandalika Dikritik Pebalap MotoGP, Bos IMI Siap Benahi

Sejumlah pebalap MotoGP mengeluhkan lintaran Sirkuit Mandalika saat melakukan tes pramusim 11-13 Februari kemarin.

Lintasan yang kotor sampai kerikil yang membahayakan pebalap jadi catatan yang harus dibenahi sebelum race MotoGP digelar Maret mendatang.

Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo, menerima kunjungan perwakilan Dromo Circuit Design, Jarno Zaffelli, yang merupakan designer sekaligus konsultan pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit.

“Dorna Sport, FIM dan MGPA juga sedang melakukan kajian mendalam terkait lintasan sirkuit yang sempat kotor tersebut. Sehingga bisa mendapatkan kejelasan yang utuh sekaligus memberikan solusi penanganannya agar pada 18-20 Maret 2022 nanti Sirkuit Mandalika semakin siap menggelar MotoGP. Jika ada hal-hal yang perlu dibenahi, IMI siap membantu MGPA sebagai penyelenggara MotoGP membereskan berbagai hal tersebut,” ujar Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo dikutip dari situs resmi MPR.

Baca juga
Jadi Pemilik Baru Chelsea, Berapa Kekayaan Todd Boehly?

Sebagaimana disampaikan Race Direction Representative dari Dorna Sports, Loris Capirossi, kondisi track sirkuit yang kotor merupakan hal biasa yang sering terjadi pada sirkuit baru yang juga belum digunakan menggelar balapan lagi. Disinilah kegunaan tes pramusim untuk membenahi hal-hal yang perlu dibenahi. MGPA juga sudah bergerak cepat menyelesaikannya, jika masih ada hal yang perlu dibenahi bisa dilakukan sesegera mungkin.

“Direktur Off The Road Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat, Eddy Saputra, yang ditugaskan IMI Pusat menjadi Deputy Race Committee MotoGP juga sedang berada di Sirkuit Internasional Mandalika. Mengawasi jalannya tes pramusim MotoGP. Eddy melaporkan kondisi track yang kotor tersebut salah satunya disebabkan pembersihan yang kurang optimal. Terlebih kondisi sirkuit yang berada di pinggir laut serta masih adanya pekerjaan konstruksi di berbagai lokasi sirkuit. Normalnya dua minggu sebelum balap, lintasan track harus dibersihkan setiap hari sesuai standar internasional dengan menggunakan Track Jet Truck dan kendaraan Track Sweeping,” jelas Bamsoet.

Baca juga
Hindari Perpecahan, Zulhas Dorong Pilpres 2024 Tiga Capres

Bamsoet juga menerangkan, Jarno Zaffelli maupun Race Director MotoGP Mike Webb juga menyarankan hal serupa. Pembersihan sirkuit harus dilakukan secara rutin. Bahkan juga harus rutin memasukan motor atau mobil ke dalam lintasan sirkuit. Sehingga membuat racing line menjadi lebih bersih karena saat kendaraan lewat, aerodinamikanya akan menyedot debu dari dalam pori-pori lintasan, sehingga mengurangi deposit debu di dalam pori-pori.

“Loris Capirossi usai mengawasi tes pramusim MotoGP pada 11 Februari kemarin juga menegaskan bahwa Sirkuit Internasional Mandalika sudah lulus homologasi. Bahkan mendapatkan kualifikasi Grade A. Sehingga seluruh tingkat keamanan dan keselamatan untuk menggelar balapan MotoGP sudah terpenuhi,” pungkas Bamsoet.

Tinggalkan Komentar