Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

Atlet Kelelahan, Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Jadi Tak Nyaman

Rabu, 06 Jul 2022 - 14:53 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Foto Gettyimages)

Atlet bulu tangkis mulai Kelelahan dengan jadwal padat hingga mereka harus bertanding pada agenda kejuaraan dunia secara tidak maksimal. Viktor Axelsen, yang selalu tampil hingga laga final dalam tiga turnamen terakhir, bahkan, membatalkan keikutsertaannya dalam turnamen Malaysia Masters, 5-10 Juli.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto termasuk salah satu wakil yang mulai merasakan dampak jadwal padat. Mereka bertanding pada babak pertama Malaysia Masters di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Selasa (5/7/2022), setelah tampil pada final Malaysia Terbuka, dua hari sebelumnya.

Mereka mengatasi rasa lelah saat berhadapan dengan salah satu wakil tuan rumah, Goh Sze Fei/Nur Izuddin, dengan kemenangan 21-14, 22-20. Pada babak kedua, Kamis, Fajar/Rian akan berhadapan dengan Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren dari Thailand.

“Kami bermain lebih tenang pada poin-poin kritis. Namun, tak bisa terhindar dari badan masih lelah karena baru main Minggu. Kami akan fokus pemulihan dengan jeda satu hari. Semoga kondisi kami lebih baik pada babak kedua dibandingkan hari ini.”

Fajar/Rian memenangi babak pertama setelah tertinggal 19-20 pada gim kedua. “Kami bermain lebih tenang pada poin-poin kritis. Namun, tidak bisa dimungkirim badan masih lelah karena baru main pada Minggu. Kami akan fokus pemulihan dengan jeda satu hari. semoga kondisi kami lebh baik pada babak kedua dibanginkan hari ini,” tutur Fajar yang kalah dari pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo kobayashi pada final Malaysia Terbuka.

Baca juga
Perempat Final Malaysia Open 2022: Anthony Ginting Masih Buntu Lawan Axelsen

Seperti Fajar/Rian, Hoki/Kobayashi juga mendapat giliran bermain pada hari pertama Malaysia Masters. Mereka memenangi laga ketat saat melawan ganda China Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi  21-18, 22-24, 22-20.

Ganda putri China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu, yang dikalahkan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti pada final Malaysia Terbuka, juga, bermain pada Selasa (05/07/2022).

Berbeda dengan Hoki/Kobayashi dan Fajar/Rian, mereka kalah saat berhadapan dengan pasangan sesama China. Zhang/Zheng kalah dari Du Yue/Li Wen Mei 17-21, 12-21.

Atlet mengundurkan diri

Tunggal putra nomor satu dunia, Viktor Axelsen, bahkan, memutuskan batal tampil dalam kejuaraan dunia bulu tangkis berlevel BWF World Tour Super 500 tersebut. Dia kelelahan setelah menjuarai Malaysia Terbuka, serta Indonesia Terbuka dan Indonesia Masters 7-19 Juni. Selain Malaysia Masters, Axelsen pun seharunya mengikuti Singapura Terbuka, pekan depan.

Baca juga
Apriyani/Fadia Tak Masuk Daftar Undangan BWF

”Saya sangat ingin bermain lagi di Kuala Lumpur pekan ini, lalu Singapura. Namun, saat bangun pagi ini, tubuh dan pikiran saya mengatakan bahwa ini saatnya beristirahat dan mengisi tenaga kembali sebelum kembali ke lapangan. Saya memerlukan beberapa hari untuk istirahat dan merayakan kemenangan bersama keluarga, lalu menetapkan target baru,” tutur Axelsen dalam akun media sosialnya.

Sebelum mengundurkan diri dari Malaysia Masters, Axelsen, yang membawa keluarganya ke Indonesia dan Malaysia, menang dalam 32 laga beruntun sejak All England.

Pada Swiss Terbuka dan Thailand Terbuka, dia kalah pada babak kedua, tetapi dengan cara mengundurkan diri.

Pengunduran dirinya pada Thailand Terbuka dilakukan setelah dia membela Denmark dalam kejuaraan beregu Piala Thomas dan tak terkalahkan dalam lima pertandingan, sejak penyisihan grup hingga semifinal.

Baca juga
SEA Games 2021: Tantang Thailand, Tim Bulu Tangkis Putri Selangkah Lagi Sabet Emas

Selain Axelsen, pemain lain yang batal tampil di Malaysia Masters adalah Lee Zii Jia, Carolina Marin, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, Lee Yang/Wang Chi Lin, Shesar Hiren Rhustavito, dan Rasmus Gemke.

Dari babak pertama yang berlangsung Selasa kemarin, kemenangan didapat wakil Indonesia lainnya, yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani.

Sementara, empat wakil akan tampil pada babak utama setelah memenangi babak kualifikasi. Mereka adalah Putri Kusuma Wardani, Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, dan Melani Mamahit/Tryola Nadia.

Tinggalkan Komentar