Selasa, 07 Februari 2023
16 Rajab 1444

Australia, Cahaya Asia Pertama di 16 Besar Piala Dunia

Kamis, 01 Des 2022 - 10:56 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Australia, Cahaya Asia Pertama di 16 Besar Piala Dunia
Timnas Australia Memastikan Diri Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia Qatar 2022 (@socceroos)

Australia sukses lolos ke babak 16 besar sekaligus menjadi wakil asia pertama yang melanjutkan petualangan Piala Dunia Qatar 2022.

Kemenangan 1-0 atas Denmark membuat Socceroos berhak atas tiket 16 besar mendampingi Prancis sebagai wakil dari Grup D.

Sebagai runner up, Mathew Ryan dan kawan-kawan memang sudah ditunggu lawan berat dan calon juara Piala Dunia, Argentina. Namun laga kontra Messi cs baru akan terjadi Minggu (4/12/2022) nanti, masih ada waktu untuk merayakan pencapaian, istirahat, dan kembali fokus ke pertandingan.

Australia patut bangga karena membawa nama Asia ke babak selanjutnya Piala Dunia Qatar, setelah tim-tim asia lain yang diunggulkan, justru jatuh berguguran di babak penyisihan.

Baca juga
8 Tim Pastikan Tempat di Perempatfinal Piala Afrika 2021

Qatar yang jadi juara Piala Asia 2019 gagal memanfaatkan status sebagai tuan rumah dan dukungan publik sendiri untuk melenggang lebih jauh. Tergabung di Grup A bersama Belanda, Ekuador dan Senegal, Qatar justru terjerembab di dasar klasemen dengan 0 poin.

Iran yang jadi raja Asia (peringkat 20 FIFA, tertinggi di Asia), juga tak bisa membawa sinar Asia di piala dunia. Sempat menang dramatis atas Wales 2-0 di pertandingan kedua, Ehsan Hajsafi dan kawan-kawan justru kalah di laga penentuan melawan Amerika Serikat. Iran harus puas finis di peringkat ke-3 klasemen dan tak bisa lolos ke fase knock-out.

Sempat mengejutkan saat mampu mengalahkan Argentina di laga perdana, Arab Saudi seperti kehabisan bensin di dua laga selanjutnya setelah ditekuk Meksiko dan Polandia. Hasil 3 poin dari kemenangan atas Argentina menempatkan Arab Saudi di dasar klasemen.

Baca juga
Foto Messi Angkat Trofi Piala Dunia Pecahkan Rekor Instagram, Dapatkan 61 Juta Likes

Dua wakil asia lainnya, Jepang dan Korea Selatan masih berpeluang lolos meski tak mudah.

Korea Selatan harus berjibaku dengan Ghana dan Uruguay untuk memperebutkan satu tiket tersisa babak 16 besar. Korsel kini bertengger di peringkat 3 klasemen dengan koleksi 1 poin, sama dengan Uruguay.

Sementara Ghana berada di satu tangga lebih baik dengan koleksi 3 poin.Son Heung-Min bisa lolos dengan syarat menang lawan Portugal, dan laga Ghana vs Uruguay berakhir tanpa pemenang.

Nasib lebih baik dimiliki Jepang, tim Samurai Biru itu berada di posisi runner up dengan koleksi 3 poin, sama dengan Kosta Rika yang berada di bawahnya.

Baca juga
Hadapi Spanyol, Taring Tajam ”Singa Atlas” Menebar Teror

Jepang wajib menang di laga terakhir, namun lawannya Spanyol, tim yang juga masih butuh poin untuk mengamankan posisinya untuk lolos.

Tinggalkan Komentar