Awas, Ada Upaya Penipuan Lewat Fitur ‘Add Yours’ di Instagram

- inilah.com

Instagram baru ini merilis fitur terbaru sticker Add Yours. Namun sebagian pengguna justru mengeluhkan bahwa lewat platform milik Meta itu menjadi celah penipuan dan kebocoran data hingga sebagai modus operandi di jagat maya.

Sebagai informasi, fitur Add Yours merupakan fitur terbaru yang bisa digunakan di Instagram Story. Lewat Add Yours, pengguna bisa saling berbalas pesan lewat postingan Insta Story. Belakangan, fitur itu kerap dijadikan kuis atau challange oleh para pengguna.

Pantauan Inilah.com, Selasa (23/11) hal ini terungkap dari curhatan seorang pegiat media sosial, Dita Moechtar (@ditamoechtar). Ia menceritakan temannya telah menjadi korban penipuan setelah melakukan challenge Instagram dengan fitur Add Yours.

Selain itu, pengguna juga bisa mengikuti challenge mengenai suatu topik yang dibagikan teman lainnya. Salah satu topik challenge yang cukup populer dengan fitur Add Yours adalah “Variasi Panggilan Nama Kamu”.

Baca juga  Masa Depan Media Sosial: Tiktok Makin Populer, Metaverse dan Realitas Virtual Jadi Tren

Namun, siapa sangka jika tantangan untuk mengungkap berbagai nama panggilan pribadi itu justru dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Dita mengungkap dirinya baru saja ditelepon temannya dalam keadaan menangis. Sang teman bercerita telah menjadi korban penipuan yang meminta transfer uang.

“Pagi tadi teman saya telepon, nangis-nangis habis ditipu katanya. Biasalah, penipu yang telepon minta transfer gitu,” cerita Dita via akun twitternya, Selasa (23/11).

Ternyata, sang teman langsung percaya dan mentransfer sejumlah uang karena penipu memanggilnya dengan nama Pim. Padahal, panggilan nama Pim hanya diketahui oleh orang terdekatnya saja.

Baca juga  Kapan Proyek Kereta Cepat Balik Modal? Pakar Transportasi: Mustahil

Karena itu, saat penipu memanggil dengan nama Pim, sang korban langsung percaya. Ia juga tidak ragu untuk mengirimkan sejumlah uang karena mengira penipu itu teman dekatnya.

Usut punya usut, panggilan Pim itu digunakan penipu setelah melihat Instagram Stories korban. Dita menjelaskan, temannya baru saja mengikuti challenge Instagram Add Yours “Variasi Panggilan Nama Kamu”.

Dalam challenge itu, sang teman mengungkap beragam nama panggilannya, termasuk Pim. Hal itu langsung dimanfaatkan penipu untuk melancarkan aksinya.

Belajar dari kejadian ini, Dita berpesan kepada pengguna media sosial untuk selalu waspada. Ia juga mengingatkan warganet agar lebih bijak dalam mengikuti challenge Add Yours.

Kasus penipuan dengan memanfaatkan fitur Add Your sendiri telah mendapatkan atensi publik. Hingga berita ini dipublikasikan, cuitan itu sedikitnya telah di-retweet 16 ribu kali dan mendapatkan 30 ribu tanda suka.

Baca juga  Unboxing Motor Ducati WSBK Viral, Panitia Lokal Dipecat

Ia juga mengingatkan untuk para pengguna untuk mengindahkan challange seperti ini.

“Challenge kayak gini ga perlu selalu diikutin gaes. Challenge one day one juz aja diabaikan ya? Istighfar,” cuitnya.

Pagi td temen sy tlp, nangis2 abis ditipu katanya. Biasalah, penipu yg tlp minta transfer gtu. Yg bikin temen sy percaya, si penipu manggil dia “pim”. “Pim” adlh panggilan kecil tmn sy, yg hanya org deket yg tau. Terus dia inget dia abis ikutan ini: pic.twitter.com/DdvW62ia0e

— Dita Moechtar (@ditamoechtar_) November 23, 2021

Tinggalkan Komentar