Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

Azyumardi Azra Jabat Ketua Dewan Pers

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB
Photocollage 20220201 132703865 - inilah.com
Cendekiawan Muslim Ayzumardi Azra menjabat Ketua Dewan Pers periode 2022-2025. Foto: Antara

Eks Rektor UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra terpilih menjabat Ketua Dewan Pers periode 2022-2025, menggantikan M Nuh. Kepastian ini diperoleh setelah Dewan Pers menetapkan kepengurusan yang baru pada Rabu (18/5/2022).

Azra menjadi Ketua Dewan Pers didampingi M Agung Dharmajaya yang menjabat Wakil Ketua Dewan Pers. Agung diketahui pernah menjabat anggota Dewan Pers periode 2019-2022.

“Dewan Pers harus menjadi jembatan antara kepentingan jurnalis dengan dunia badan usaha pers. Kita berharap lembaga-lembaga pers, perusahaan-perusahaan pers yang ada itu semakin memerhatikan kesejahteraan,” ujar Azra.

Dalam sambutannya, Azra yang dikenal sebagai salah satu cendekiawan Muslim menyinggung pentingnya kesejahteraan jurnalis yang turut menjadi faktor keseimbangan profesi. Sebab, jurnalis tergolong kalangan intelektual.

Baca juga
DPR Cecar 3 Pembantu Jokowi Soal Isu Memuluskan Presiden 3 Periode

“Kita tahu keadaannya susah, keadaan ekonomi sekarang susah, tapi bagaimana pun juga ya harus tetap diberikan jaminan kesejahteraan yang lebih baik kepada jurnalis-jurnalis kita,” kata dia.

Anggota Dewan Pers yang membidangi Komisi Hukum dan Perundangan-undangan periode 2022-2025 Arif Zulkifli menyebutkan periode penyelenggaraan Pemilu 2024 menjadi perhatian Dewan Pers. Tujuannya untuk memastikan pers bekerja secara imparsial dan adil dalam menjalankan kerja-kerja jurnalistik.

“Pasti kita akan melampaui satu periode pilpres, ya ada periode Pilpres dan Pileg 2024 sehingga itu menjadi concern kita,” tuturnya.

Menurutnya, Ketua Dewan Pers periode sebelumnya, M Nuh telah menyampaikan tantangan pers ke depan, yakni maraknya hoaks. Soal ini tetap menjadi salah satu perhatian dari Dewan Pers periode sekarang.

Baca juga
Pilpres 2024 Diprediksi Ketat, Berlangsung 2 Putaran

Dewan Pers periode 2022-2025 resmi dilantik dan telah menggelar serah terima jabatan dengan susunan pengurus yakni Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dengan Wakil ketua M Agung Dharmajaya.

Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers dipimpin Yadi Hendriana dengan wakil Paulus Tri Agung. Komisi Hukum dan Perundang-undangan dijabat Arif Zulkifli dengan wakil Ninik Rahayu.

Komisi Pendidikan dan Pengembangan Profesi Dewan Pers dijabat Paulus Tri Agung dengan wakil Yadi Hendriana. Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi dipimpin Ninik Rahayu dengan wakil Asmono Wikan.

Selanjutnya Totok Suryanto memimpin Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri dan wakilnya Arif Zulkifli. Komisi Pemberdayaan dan Organisasi dijabat Asmono Wikan dengan wakil Sapto Anggoro.

Baca juga
Bantah Dukung Anies, PKS Dorong Salim Segaf jadi Capres

Sedangkan Komisi Pendanaan dan Sarana Organisasi dipimpin Sapto Anggoro dengan wakil Totok Suryanto.

Tinggalkan Komentar