Minggu, 14 Agustus 2022
16 Muharram 1444

Badai Virus Corona Kembali Ancam Liga Inggris Musim Ini

Rabu, 15 Des 2021 - 08:34 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Foto BBC- inilah.com
Foto BBC-

Gelaran Liga Inggris musim 2021/2022 kembali dalam situasi genting. Pandemi virus corona yang kian tak terkendali mengancam keberlangsungan kompetisi tersebut.

Panitia Liga Inggris kembali mendapat tantangan berat di akhir tahun seiring meningkatnya kasus COVID-19. Sejumlah klub Liga Inggris melaporkan virus korona baru telah menginfeksi para pemain mereka. Kasus COVID-19 membuat banyak jadwal pertandingan liga tertunda.

Manchester United menjadi klub Liga Inggris terbaru yang melaporkan merebaknya kasus COVID-19 di dalam skuad mereka. Dinukil dari laman resmi MU, pihak klub memutuskan menutup pusat latihan di Carrington selama 24 jam.

Tindakan itu diambil setelah hasil tes reaksi berantai polimerase (PCR) sejumlah pemain dan anggota staf dinyatakan positif COVID-19. Pihak MU tidak mengumumkan nama-nama serta jumlah pasti pemain dan anggota staf yang terinfeksi COVID-19.

Kasus ini berdampak pada penundaan laga Liga Inggris antara MU dan Brentford. Pertandingan yang sedianya akan dihelat di Stadion Community Brentford pada Rabu (15/12/2021) dini hari WIB terpaksa ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Baca juga
Nike Tak Lagi Sponsori Mason Greenwood

”Mengingat pembatalan latihan dan gangguan pada skuad, kemudian mempertimbangkan kesehatan pemain dan anggota staf, klub meminta pertandingan (melawan Brentford) untuk diatur ulang,” tulis manajemen MU di laman resminya, Selasa (14/12/2021).

Enam klub EPL Positif COVID-19

Selain MU dan Brentford, wabah COVID-19 juga merebak di klub-klub Liga Inggris lainnya. Menurut laporan BBC, ada enam klub lainnya Brighton and Hove Albion, Tottenham Hotspur, Leicester City, Aston Villa, dan Norwich juga mengonfirmasi terdapat kasus COVID-19 dari hasil tes para pemain.

Jadwal pertandingan klub-klub tersebut juga harus ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penundaan ini menjadi yang kedua kalinya bagi Spurs. Sebelumnya, skuad arahan manajer Antonio Conte tersebut gagal menjalani laga tandang ke markas Burnley akibat salju lebat yang menutupi lapangan. Dengan kepastian penundaan laga Spurs menghadapi Brighton, Son Heung-min dan rekan-rekannya memiliki dua pertandingan lebih sedikit daripada para rivalnya.

Baca juga
Ole Gunnar Solskjaer di Ujung Tanduk

Otoritas Liga Inggris mengumumkan 42 pemain dan anggota staf klub dinyatakan positif Covid-19 dalam 3.805 tes yang dilakukan pada 6-12 Desember 2021. Jumlah ini merupakan yang tertinggi dibandingkan rekor sebelumnya, yaitu 40 orang positif, pada Januari 2021.

Merebaknya kasus COVID-19 di Liga Inggris membuat pengelola liga mengingatkan kembali tindakan darurat atau emergency measures. Tindakan darurat mencakup penerapan protokol kesehatan yang meliputi tes COVID-19 secara rutin dan lebih sering, mengenakan masker saat berada di dalam ruangan, menjaga jarak, dan membatasi waktu perawatan.

Penerapan tindakan darurat juga mengharuskan fans menunjukkan bukti vaksinasi ganda atau tes negatif untuk menonton pertandingan secara langsung di stadion yang dihadiri lebih dari 10.000 orang.

Tinggalkan Komentar