Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Bahas Koalisi, PKS Sambangi NasDem Tower Siang Ini

Rabu, 22 Jun 2022 - 10:42 WIB
1655804040161 - inilah.com
Petinggi PKS dijadwalkan mendatangi NasDem Tower, Rabu (22/6/2022) siang. Foto: Inilah.com/Safarian Shah

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bakal menyambangi NasDem Tower, Gondangdia, pada Rabu (22/6/2022), pukul 13.00 WIB untuk membahas kemungkinan koalisi. PKS telah menyelesaikan kegiatan rapimnas yang digelar dalam dua hari terakhir, tak lama NasDem merampungkan rakernas akhir pekan lalu.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menegaskan, rapimnas menghasilkan kesepakatan agar partai membangun poros baru. Maka kedatangan ke NasDem yang telah mengumumkan tiga nama kandidat capres merupakan bagian dari penjajakan koalisi menghadapi Pemilu 2024.

“PKS membangun komunikasi dengan partai politik (parpol) lain untuk membangun poros baru atau poros alternatif,” kata Syaikhu, selepas menutup kegiatan Rapimnas PKS di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Baca juga
Di Beranda Istana Alhambra (1 - Mendapat Beasiswa)

Menurutnya, membangun koalisi merupakan keniscayaan agar PKS bisa memastikan mampu mengusung pasangan capres-cawapres. PKS butuh membangun kerja sama dengan minimal dua parpol yang memiliki kursi di parlemen untuk memastikan memenuhi ambang batas 20% mengusung capres.

“Siapa pun nama yang diumumkan PKS, tidak akan terealisasi kalau tidak disepakati dengan minimal dua partai politik lain,” kata Juru Bicara PKS Al Muzammil Yusuf.

Muzammil menyebutkan, PKS akan mengutamakan dialog dari hati ke hati dalam berupaya melakukan penjajakan membangun koalisi di Pilpres 2024. “PKS akan mendahulukan dialog dari hati ke hati ke pimpinan parpol termasuk NasDem untuk memastikan bahwa kursi 20% akan kita dapatkan. PKS siap untuk bersikap seperti negarawan dengan mitra koalisi,” tuturnya.

Baca juga
Aplikasi PeduliLindungi Banyak Mudarat Ketimbang Manfaat

Rakernas NasDem mengumumkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sebagai capres. Selepas mengumumkan ketiganya sebagai capres pada penutupan rakernas, Jumat (17/6/2022), NasDem mulai membangun komunikasi untuk membangun koalisi.

Sekjen NasDem Johnny G Plate mengutarakan bahwa keputusan mengumumkan bakal capres sejak jauh-jauh hari ini berdasarkan pengalaman NasDem pada pemilu presiden sebelumnya. “Kami tidak menunggu saat-saat akhir seperti itu sebagaimana pengalaman empiris pada pilpres sebelumnya. Kami akan lakukan langkah cepat, melakukan komunikasi politik dengan pimpinan parpol, dan membentuk koalisi,” kata Menkominfo itu.

 

Tinggalkan Komentar