Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Bahaya Abu Vulkanis pada Mobil dan Cara Membersihkannya

Senin, 06 Des 2021 - 16:09 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Bromo abu vulkanik (kabar rakyat) - inilah.com
Bromo abu vulkanik (kabar rakyat)

Erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur pada Sabtu (4/12) kemarin menyebabkan hujan abu vulkanis yang sangat pekat hingga menempel pada jalanan bangunan hingga kendaraan yang berada sekitarnya.

Pada manusia, zat bersifat korosif pada abu vulkanis memang dapat menyebabkan kerusakan mata, kulit, sistem pernafasan, dan organ tubuh lainnya. Sementara bagi kendaraan, abu tersebut juga bisa menyebabkan sejumlah kerusakan.

Bahaya Debu Vulkanis

Seperti halnya yang dialami oleh pengendara mobil yang sedang berada di sekitar kawasan wilayah gunung Semeru , dimana aktivitas gunung Semeru sedang mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir. Debu vulkanis pun bertebaran di udara dan menutupi rumah – rumah serta kendaraan yang berada di radius penyebarannya. Bagi kalian yang mengalami hal ini, jangan pernah menyepelekan debu vulkanis yang menutupi kendaraan.

Mobil yang terkena debu vulkanis seringkali mengalami masalah ketika akan dibersihkan, apalagi debu sudah dibiarkan selama beberapa hari. Karena debu vulkanis yang sudah menempel pada kendaraan selama lebih dari dua hari akan sulit untuk dihilangkan. Debu vulkanis akan menempel pada obyek dan susah untuk dibersihkan kalau lebih dari dua hari. Pastikan sebelum mengemudi seluruh kaca dalam kondisi clear untuk kepentingan visibilitas.

Baca juga
Tips Aman Bertransaksi Digital

Alasan Membersihkan Mobil Dari Debu Vulkanis

Debu dari erupsi gunung berapi juga sangat berbahaya untuk kendaraan. Karena itu, membersihkan debu dari kendaraan sesegera mungkin menggunakan air bersih dan lap perlu dilakukan. Yang paling penting, perhatian sisi-sisi dan bagian-bagian penting pada mobil. Karena debu yang berasal dari erupsi gunung berapi memiliki bentuknya tajam. Disarankan segera lakukan pembersihan mobil secara menyeluruh dengan disemprot air bersih dan dilap.

Karena, apabila dibiarkan kendaraan akan ada karat. Efek karat bisa langsung terlihat pada mobil yang terkena debu vulkanis hanya dalam beberapa hari. Tapi jangan salah, membersihkan eksterior mobil dari debu vulkanis juga tidak boleh sembarangan. Struktur debu yang tajam bisa menggores bodi dan cat mobil. Bersihkan mobil dari debu vulkanis dengan cara menyiram mobil terlebih dahulu dengan air dari atas ke bawah untuk membersihkan debu yang melekat. Biarkan air mengalir membawa butiran-butiran debu. Setelah dirasa bersih, Anda bisa mengelap mobil menggunakan sabun dengan pH yang pas.

Tinggalkan Komentar