Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Baim Wong dan Paula Bocorkan Gaya Didik Anak

Baim Wong Dan Paula
instagram @paula_verhoeven

Sebagai pasangan orangtua, Baim Wong dan Paula Verhoeven tidak pernah berhenti belajar. Menurut Baim Wong dan Paula yang terpenting dalam mendidik anak adalah sikap orangtua yang lebih aktif dan tidak malas mencari informasi pada orang yang tepat.

“Kita sebagai orangtua harus lebih aktif, mencari informasi (dalam merawat anak), menyaring informasi, misalnya cari produk dicek dulu, kita harus kasih ke anak yang maksimal,” papar Paula saat temu media virtual, Jakarta, Kamis, (17/02/2022).

Senada dengan Paula, Baim Wong mengaku terus berusaha mencari informasi dari para pakar yang mengerti tentang tumbuh kembang anak. Hal tersebut agar informasi yang didapatkan menjadi yang akurat.

Proses menjadi orangtua tentu tidak mudah. Hal itu juga yang Baim Wong dan Paula rasakan. Sebagai orangtua, Baim Wong dan Paula selalu berusaha untuk menghabiskan waktu bersama buah hatinya.

Baca juga
Ashanty Ungkap Kondisi Kesehatan Dua Kali Tertular COVID-19

Baim mengaku selalu berusaha berinteraksi dengan anaknya pada pagi hari dan sebelum tidur. Kemudian, Paula juga berusaha meminimalkan aktivitas di luar rumah karena perhatiannya semakin tersita dengan kehadiran anak kedua.

“Kalau kesibukan di rumah, sebisa mungkin ada waktu buat mereka kalau harus kerja kebanyakan di rumah. Kalau pergi ke luar diusahakan cuma sebentar saja,” ujar Paula.

Tantangan yang dihadapi orangtua kian bervariasi seiring perkembangan anak. Terlebih tentang gaya didik anak, tentu setiap orangtua berbeda-beda.

“Kalau saya selalu ingin mengarah kepada sesuatu hal yang positif. Saya tidak mau ngomong jangan, dan tidak boleh. Saya juga bilang ke Paula, jangan memerintah dia, kita ajak dia (anak) bermain dan gaya persuasif, jadi anak bisa belajar sambil bermain,” papar Baim.

Baca juga
Penipuan Kencan Online Paling Tinggi di Asia Tenggara

Soal mengajarkan anak untuk biasa ke toilet juga sangat dinikmati Baim Wong dan Paula. Menurut Paula ada kalanya anak-anak tidak mau buang air besar dan kecil di toilet. Ini adalah bagaimana cara orangtua untuk mengajarkan anak lebih maksimal lagi.

“Misalnya, sudah potty training tapi ada momen enggak mau pup dan pipis di toilet, aku selalu cari tahu bagaimana biar tumbuh kembang anak baik dan maksimal, harus belajar terus,” ujar Paula.

Hal penting lainnya adalah menyeragamkan pola asuh kepada orang-orang terdekat agar tercipta konsistensi. Menurut Paula, dia memberikan pengertian kepada orang-orang yang dekat dan kerap berinteraksi dengan buah hatinya agar bisa menanamkan nilai-nilai yang sama.

Untuk memantau tumbuh kembang anak di tengah pandemi COVID-19, pasangan ini juga mencari solusi yang bisa dilakukan secara praktis tanpa harus ke luar rumah untuk urusan anak, termasuk posyandu daring.

Baca juga
Satgas: Uji Klinis Vaksinasi Booster Tak Ada Indikasi KIPI

“Jadi kita masih bisa pantau kesehatan anak dari rumah, kesehatan itu investasi utama,” katanya.

Untuk memudahkan para orangtua di masa pandemi, Frisian Flag Indonesia memperkenalkan program posyandu dalam platform daring dan luring. Platform posyandu online yang digagas FFI bernama Akademi Keluarga Prima. Orang tua mendapat kemudahan memonitor secara mandiri tumbuh kembang anak lewat fitur seperti Rapor Tumbuh Kembang Prima untuk memantau perkembangan tumbuh kembang anak sesuai dengan grafik pertumbuhan WHO dan CDC yang juga menjadi referensi nasional.

Tersedia juga fitur Parenting Style Test untuk mengetahui pola asuh orang tua yang sesuai dengan karakter anak sehingga tumbuh kembangnya dapat maksimal serta fitur EmoMeter, untuk mengetahui kondisi dan perkembangan kecerdasan sosial dan emosional anak.

Tinggalkan Komentar