Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Bakal Lebih Baik di Piala Asia, Coach Tae-yong Jadikan Jordi Amat dan Sandy Walsh Tumpuan

Rabu, 15 Jun 2022 - 15:51 WIB
Bakal Lebih Baik di Piala Asia, Coach Tae-yong Jadikan Jordi Amat dan Sandy Walsh Tumpuan
Coach Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023

Timnas Indonesia memastikan satu tempat di Piala Asia 2023 usai menang besar atas Nepal 7-0 di laga pamungkas kualifikasi, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Dengan hasil ini, Asnawi dan kawan-kawan menemani Yordania mewakili Grup A untuk bertarung di putaran final Piala Asia 2023 tahun depan.

Pelatih Shin Tae-yong usai laga mengaku puas dengan hasil yang diraih Skuad Garuda. Namun untuk berlaga di putaran final Piala Asia, Timnas Indonesia butuh meningkatkan kekuatan. Mengingat lawan-lawan di Piala Asia nanti, akan lebih berat.

Jepang, China, Iran jadi calon lawan Elkan Baggott dan kawan-kawan kelak.”Kami mampu lolos ke Piala Asia setelah menjadi tuan rumah pada tahun 2007 lalu. Kami akan melangkah lebih jauh dan menjadi lebih kuat, usai keberhasilan ini. Kami akan menunjukkan kekuatan kami yang terbaik di turnamen tahun depan,” kata Shin Tae-yong.

Baca juga
Hasil Undian Grup Piala AFF 2020: Indonesia Jumpa Vietnam

“Sebelum datang ke Kuwait untuk ajang ini, rencana saya meraih dua kemenangan dan satu hasil seri. Hasil seri melawan Yordania, itu rencana A saya,” tambahnya.

Kemenangan atas Kuwait (2-1) dan Nepal di laga pertama dan ketiga sesuai prediksi. Sementara itu Indonesia gagal meraih satu angka melawan Yordania di laga kedua setelah kalah 0-1.

“Bagaimana pun sangat penting mendapat yang terbaik di laga pertama ajang seperti ini. Ketika melawan Kuwait di laga pertama, saya pikir pemain melakukan segalanya dan terbaik di lapangan. Karena kami menjalani laga pertama dengan baik dan selanjutnya mulus, pada akhirnya kami lolos ke Piala Asia. Segalanya sesuai rencana,” tukas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Baca juga
Banjiri Akun Ketum PSSI, Warganet Minta Shin Tae-yong Dikontrak Panjang

Untuk menambah kekuatan timnas tahun depan, 3 pemain naturalisasi bisa jadi opsi. Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat, gagal memperkuat timnas di kualifikasi lantaran proses naturalisasi belum selesai.

Coach Tae-yong sendiri mengakui jika para pemain naturalisasi ini jadi prioritas sebelum menjalani kualifikasi Piala Asia 2023.”Mereka ada dalam plan A saya. Saya minta tolong kepada pemerintah untuk mempercepat naturalisasi mereka,” ujar Shin, Kamis (26/5/2022) bulan lalu.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menyatakan bahwa dia telah menyampaikan programnya terkait pemain naturalisasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali serta Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Shin pun mengaku telah melontarkan secara langsung harapannya agar naturalisasi tiga pesepak bola yaitu Sandy Walsh (warga negara Belanda), Jordi Amat (Spanyol), dan Shayne Pattynama (Belanda) dapat tuntas supaya dapat didaftarkan untuk Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca juga
Egy Maulana: Timnas Langsung Fokus ke Laga Melawan Afghanistan dan Myanmar

Dengan pengalaman bermain di Eropa yang dimiliki ketiganya, Coach Tae-yong berharap pemain-pemain timnas saat ini bisa mendapat suntikan mental untuk meningkatkan permainan.

Tinggalkan Komentar