Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

Bandara Halim Ditutup, TNI AU Pindahkan 4 Skuadron ke Soetta dan Bandung

Rabu, 22 Des 2021 - 14:23 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Skuadron Sukoi - inilah.com
kemhan.go.id

TNI Angkatan Udara akan memindahkan empat skuadron ke Bandara Soekarno-Hatta dan Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat karena Lanud dan Bandara Halim Perdanakusuma akan direvitalisasi atau direnovasi.

“Pertama, Skuadron Udara 17 untuk pesawat VVIP akan ditempatkan di Bandara Soekarno-Hatta, karena untuk kegiatan Presiden dan Wapres. Akan diberikan ruang di Soetta. Terminalnya melalui terminal khusus yang disiapkan oleh Angkasa Pura II,” kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo pada acara Press Tour dan Media Gathering, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (22/12/2021).

Untuk Skuadron Udara 2 CN-295 dan Skuadron Udara 31 pesawat hercules dan Skuadron Udara Teknik 021 akan dipindahkan ke Lanud Husein Sastranegara, Bandung.

Baca juga
Rugikan Negara Rp224 Miliar, Begini Konstruksi Kasus Korupsi Helikopter

“Pesawat-pesawat yang dipindah itu bersifat siap terbang. Skuadron Teknik dipindahkan untuk pemeliharaan karena jarak dekat, lalu juga fasilitas di sana cukup untuk menampung kegiatan operasi penerbangan termasuk akomodasi,” ujar Marsekal Fadjar dilansir dari Antara.

Personel-personel akan dipindahkan secara bergantian

“Jadi, diaplus atau pergantian setiap 2 minggu sekali. Saya rasa itu lokasi yang paling tepat untuk memindahkan, kalau tidak pindah, tidak akan jalan perbaikan di sini. Semuanya juga akan keberatan, semua pasti keberatan, operator-operator pasti keberatan karena costnya pasti bertambah dan lainnya. Tetapi, ya ini demi kebaikan bersama,” tuturnya.

Dengan revitalisasi ini, bandara Halim akan ditutup mulai 1 Januari 2022. Renovasi bandara Halim dilakukan atas perintah Presiden Jokowi untuk memperbaharui kondisi landasan pacu yang sudah tua.

Tinggalkan Komentar