Kamis, 18 Agustus 2022
20 Muharram 1444

Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Mulai 1 Januari 2022

Rabu, 22 Des 2021 - 14:10 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Halim - inilah.com
otban-wil1.dephub.go.id

Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur akan ditutup mulai 1 Januari 2022. Penutupan tersebut dilakukan karena Bandara Halim akan direvitalisasi sesuai perintah Presiden Jokowi.

“Bandara Halim akan ditutup mulai tanggal 1 Januari 2022. Ini adalah perintah Bapak Presiden Jokowi karena Bapak Presiden merasakan betul runway-nya (landasan pacu) itu sudah kasar,” kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo pada acara Press Tour dan Media Gathering, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (22/12/2021).

Dilansir dari Antara, kondisi landasan pacu bandara Halim diketahui sudah lapuk karena usia dan kondisi tanah yang mulai tidak stabil.

Baca juga
4 Fakta Menarik Michael Krmencik, Bomber Baru Persija Jebolan Euro 2020

“Saya kurang paham dengan tanah, tapi yang jelas terjadi penurunan, ada semacam air tanah dan lainnya. Akibatnya, runway itu sudah mendekati ambang batas tanah. Sebetulnya kita ketahuinya hampir dua tahun lalu,” ujarnya.

Jokowi juga memerintahkan dilakukan perbaikan total sehingga runway pesawat bisa dipakai untuk 20 tahun ke depan. Selain landasan pacu, apron untuk militer juga akan diperluas.

“Kami juga akan merenovasi gedung VIP dan terminal TNI AU,” ujarnya.

Fadjar mengungkapkan, beberapa kecelakaan pernah terjadi karena kondisi runway yang sudah tua.

“Sudah beberapa kali terjadi accident (kecelakaan), tetapi untung Bapak Presiden memberi perhatian kepada Lanud Halim Perdanakusuma disertai dengan anggaran,” tandasnya.

Baca juga
Kebijakan 'Buka Dulu Maskermu', Waspada Pandemi Belum Berakhir

Revitalisasi yang direncanakan oleh Kementerian Perhubungan RI tersebut telah melalui pembahasan intensif dan koordinasi bersama antarinstansi atau lembaga terkait, seperti TNI AU, Kemhan, dan Angkasa Pura.

Tinggalkan Komentar