Bangkrut, Pramugari Maskapai Italia Ramai-Ramai Turun ke Jalan Lepas Seragam

Bangkrut, Pramugari Maskapai Italia Ramai-Ramai Turun ke Jalan Lepas Seragam - inilah.com

Sedikitnya 50 pramugari maskapai penerbangan Italia, Alitalia beramai-ramai menanggalkan seragam dan hanya mengenakan pakaian dalam di Capitoline Hill, pusat Kota Roma.

Aksi tersebut dilakukan setelah maskapai penerbangan nasional itu dinyatakan bangkrut setelah beroperasi selama 74 tahun. Kebangkrutan disebabkan karena terlilit utang selama kurang lebih 10 tahun.

Maskapai Alitalia kemudian digantikan oleh maskapai nasional baru, ITA yang mendapat kucuran dana sebesar 1,35 miliar euro atau setara Rp22,3 triliun dari pemerintah untuk menyelesaikan pengambilalihan.

Namun maskapai ITA hanya mempekerjakan 3.000 pegawai dari sebanyak 10 ribu pegawai Alitalia sebelumnya. Mereka yang dipekerjakan pun dibayar jauh lebih rendah dari sebelumnya.

Baca juga  Tak Dihuni, Rumah Dinas DPR Bakal Diambil Alih?

Karena itulah mereka melakukan aksi unjuk rasa dengan melucuti semua pakaian mulai dari jaket, kemeja, rok, tas, sepatu bahkan seluruh atribut seragam pesawat Boeing 777-200ER itu sebagai solidaritas sesama pekerja di maskapai nasional.

“Kami di sini untuk mengungkapkan rasa sakit kami dan juga solidaritas untuk semua rekan kami yang dipaksa menandatangani kontrak yang memalukan,” kata Cristina Pogges, salah seorang pramugari yang protes.

Tak hanya itu, mereka juga berharap kepada Pemerintah Italia agar memperpanjang tunjangan pengangguran selama lima tahun ke depan.

Tinggalkan Komentar