Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

Bangun Stadion JIS, Jokowi Dinilai Tunggangi Kesuksesan Anies

jokowi anies JIS
Presiden Jokowi bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Stadion JIS

Presiden Jokowi dinilai sudah menunggangi kesuksesan kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berhasil membangun stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Jakarta Utara.

Terlebih, JIS menjadi maha karya Anies yang ternyata menimbulkan iri para lawan politiknya dan melambungkan nama Anies dalam menunaikan janji kampanyenya.

“JIS menjadi maha karya Anies, banyak lawan politik iri atas kesuksesan Anies bisa membangun JIS,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin kepada Inilah.com, Minggu (8/5/2022).

“Suka tak suka senang tak senang, JIS telah meroketkan nama Anies,” sambungnya.

Lebih lanjutnya, Koordinator Presidium Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) La Ode Basir menyatakan, Anies merupakan pemimpin yang amanah dengan menunaikan janji kampanye, termasuk pembangunan stadion JIS.

“Anies adalah pemimpin yang amanah dan yang harus kita apresiasi adalah bukan sekedar dipenuhi tapi dipenuhi dengan standar dan kualitas tinggi,” jelas Basir.

Baca juga
Dalam Sehari 156 Warga Batam Positif COVID-19

“Stadion JIS tidak hanya menjadi kebanggaan buat Jakarta, tapi juga buat masyarakat Indonesia pada umumnya,” lanjutnya.

Diketahui, nama Presiden Jokowi sempat diselipkan menjadi alasan kesuksesan pembangunan stadion JIS. Jokowi dinilai menunggangi keberhasilan Anies yang terpotret di kicauan media sosial.

Namun, sebelumnya JIS memiliki sejarah panjang sebelum diresmikan kepada publik pada April 2022. Pembangunan stadion di Tanjung Priok, Jakarta Utara ini melewati empat kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta.

JIS bermula pada 2008 saat Jakarta dipimpin Fauzi Bowo (Foke). Lalu saat di era kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi), rencana pembangunan stadion itu kembali terdengar. Apalagi, saat itu Pemprov DKI Jakarta menggusur Stadion Lebak Bulus dan mengubahnya menjadi depo mass rapid transit (MRT) fase 1 Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia.

Baca juga
Kunker ke AS, Jokowi Tumpangi Garuda Indonesia Boeing B777-300ER

Pemprov DKI pun mencari lahan untuk membangun stadion pengganti Lebak bulus. Kala itu, Taman BMW menjadi salah satu alternatif pengganti Stadion Lebak Bulus.

Pada 28 Mei 2014, Jokowi yang saat itu masih menjadi orang nomor satu di Jakarta merencanakan pembangunan stadion internasional tersebut. Saat itu, Jokowi menegaskan pembangunan harus segera dimulai. Namun, pembangunan tak kunjung terjadi.

Kemudian, pada 2017, Djarot Saiful Hidayat yang saat itu memimpin DKI Jakarta kembali merencanakan pembangunan stadion di Taman BMW.

Politikus PDIP itu meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan club house dan fasilitas olahraga di kawasan yang akan menjadi lokasi stadion internasional di Taman BMW. Lagi, JIS pun tak kunjung dibangun.

Baca juga
Spanduk Anies Baswedan Berkibar dari Aceh hingga Papua Sambut Idul Fitri

Pada (14/3/2019) lalu, Anies memperkenalkan stadion yang akan dibangun ini bernama Jakarta International Stadium. Anies mengatakan bahwa gubernur-gubernur pendahulunya memiliki andil dalam pembangunan JIS.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kemudian menugaskan BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk menggarap proyek tersebut. Setelah tiga tahun berjalan, JIS akhirnya rampung pada 2022. Anies menggelar peluncuran awal (soft launching) JIS pada (19/4/2022). Saat itu, Anies mengatakan bahwa JIS merupakan bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar.

“JIS menjadi salah satu dari deretan bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar karena mampu mempersembahkan karya kolosal, karya yang tak hanya setaraf nasional, tapi juga mendunia,” tandas Anies. [AHA]

Tinggalkan Komentar