Minggu, 26 Juni 2022
26 Dzul Qa'dah 1443

Banjir Bandang Terjang 3 Kampung di Ciwidey, 9 Rumah Warga Rusak

Selasa, 07 Jun 2022 - 11:56 WIB
Banjir Ciwidey
Banjir bandang menerjang wilayah Ciwidey (foto pasjabar)

Banjir bandang menerjang wilayah Ciwidey, Kabupaten Bandung dan mengakibatkan sembilan rumah warga dan satu bangunan masjid mengalami kerusakan.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Provinsi Jawa Barat Hadi Rahmat mengatakan peristiwa terjadi pada Senin (6/6/2022) kemarin, banjir bandang menerjang melintasi tiga kampung di Kecamatan Ciwidey di antaranya wilayah RW 16 Kampung Kaum Kidul, RW 17 Kampung Sukasari, dan RW 08 Kampung Cimuncang.

“Satu jembatan penghubung Cimuncang rusak berat,” katanya, Selasa (7/6/2022).

Berdasarkan data yang tercatat, sejumlah bangunan yang mengalami kerusakan yakni Jembatan Cimuncang di RW 08 Desa Ciwidey. Selebihnya enam bangunan rumah warga di antaranya milik Dayat, Ridwan, Aso, Awang, Dede, Nunur, dan sebuah masjid. Seluruh bangunan itu berada di wilayah RT 01 RW 08 Desa Ciwidey dengan jumlah total yang terdampak sebanyak 22 jiwa.

Baca juga
Daftar Enam Daerah Jawa-Bali Turun ke PPKM Level 1

Kemudian di wilayah RT 02 RW 08 Desa Ciwidey sebanyak tiga rumah yakni milik Ara, Eem, dan Neni. Jumlah warga yang terdampak sebanyak 10 jiwa.

Meski tidak ada korban jiwa dari peristiwa banjir bandang, namun sebanyak 32 jiwa terdampak karena tempat tinggalnya saat ini mengalami kerusakan.

Tak hanya di Ciwidey, banjir bandang juga terjadi di Kampung Sudi, Desa Nagrak, Kabupaten Cianjur pada Senin (6/6/2022) kemarin dan merendam 10 rumah warga dan belasan hektare sawah.

Banjir bandang terjadi lantaran tingginya curah hujan di wilayah tersebut. Banjir juga menutupi ruas jalan di wilayah Nagrak.

Tinggalkan Komentar