Banjir di Kalteng Terus Meluas, 22 Desa Terendam

Banjir Kalteng - inilah.com
foto istimewa

Banjir yang merendam wilayah Kalimantan Tengah sejak Selasa (9/11/2021) lalu hingga saat ini masih terus meluas dan menyebar ke 22 desa yang ada di delapan kecamatan di wilayah Kotawaringin Timur.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur, Rihel mengatakan delapan kecamatan yang terendam banjir yakni Kecamatan Tualan Hulu, Mentaya Hulu, Cempaga Hulu, Kota Besi, Parenggean, Mentawa Baru Ketapang, Baamang dan Cempaga.

“Kami mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi ini. Banjir merendam 22 desa dan 576 kepala keluarga terdampak,” ujarnya, Minggu (14/11/2021).

Banjir terparah terjadi di dua desa di Kecamatan Cempaga Hulu yaitu Tumbang Koling dan Sudan dengan ketinggian air mencapai 2 meter. Masyarakat setempat pun tak bisa melakukan aktivitasnya.

Baca juga  Sungai Cipedang Meluap, 400 Rumah di Lebak Kebanjiran

BPBD terus berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa untuk terus memantau perkembangan banjir ini. Keselamatan masyarakat menjadi prioritas dalam penanganan di lapangan.

“Koordinasi akan terus kami tingkatkan, selain tim kami juga turun langsung ke sejumlah lokasi banjir. Mudah-mudahan saja banjir ini segera surut,” kata Rihel.

Sementara itu, banjir dikhawatirkan masih akan terus meluas karena intensitas hujan masih tinggi. Seperti di Kota Sampit yang meliputi Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Baamang, hujan deras terjadi beberapa kali pada Minggu siang hingga malam.

Tinggalkan Komentar