Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Banjir Kepung Sejumlah Wilayah Probolinggo

Banjir Kepung Sejumlah Wilayah Probolinggo

Banjir mengepung sejumlah wilayah di Probolonggo, Jawa Timur. Penyebabnya adalah hujan deras yang terus mengguyur kawasan tersebut sejak Kamis (3/3/2022) sore.

“Desa yang terendam banjir yakni Desa Tambakrejo di Kecamatan Tongas, kemudian di Kecamatan Dringu ada Desa Dringu dan Desa Kedungdalem,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo Sugeng Suprisayoga di Probolinggo, Jumat (4/3/2022).

Menurutnya hujan yang terus turun memicu terjadinya peningkatan debit air sungai, sehingga meluap menggenangi permukaan warga di tiga desa tersebut.

“Banjir yang terjadi di Kecamatan Dringu biasanya kiriman dari wilayah atas yakni Kecamatan Sumber, Kuripan, dan Bantaran, sedangkan banjir di Kecamatan Tongas biasanya kiriman air dari Kecamatan Sukapura dan Lumbang. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Probolinggo juga masih melakukan asessmen akibat banjir yang menerjang di dua kecamatan itu untuk melakukan pendataan jumlah korban yang terdampak banjir,” katanya.

Baca juga
Di Penghujung Tahun, Jembatan Suramadu Ditutup

Ia menjelaskan wilayah tersebut merupakan daerah rawan banjir, sehingga ketika hujan turun dengan intensitas sedang hingga deras dengan durasi waktu lebih 2 jam, maka kemungkinan akan banjir apalagi bersamaan dengan air pasang laut maka banjirnya akan semakin besar.

“Kami imbau masyarakat di daerah rawan banjir untuk tetap meningkatkan kewaspadaannya terhadap ancaman bencana alam banjir karena cuaca masih ekstrem dan potensi hujan masih terjadi,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari melaporkan banjir itu berdampak pada 1.061 KK yang menempati 1.061 rumah di Kabupaten Probolinggo.

Tinggalkan Komentar