Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

Banjir Rob Jadi Perhatian Pemprov DKI Terkait Formula E di Ancol

Rabu, 22 Des 2021 - 13:24 WIB
Formula E inilah.com

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan bahwa banjir rob di kawasan utara Ibu Kota menjadi perhatian khusus pemprov terkait pelaksanaan ajang balap Formula E di Ancol.

Riza mengatakan bahwa penetapan lokasi Formula E di Ancol, Jakarta Utara, membuat Pemprov DKI Jakarta harus melakukan antisipasi terjadinya banjir rob.

“Soal potensi ada banjir rob itu juga menjadi pertimbangan kita semua. Mudah-mudahan pada pelaksanaannya tidak ada banjir dan ini juga menjadi perhatian kita untuk melakukan berbagai antisipasi,” kata Riza di Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Dia pun menghormati keputusan pihak Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA) atas penetapan Ancol sebagai lokasi sirkuit balap Formula E yang bernama Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Baca juga
Hasil Kualifikasi Formula E Jakarta, Pebalap DS Techeetah Amankan Pole Position

Sementara itu, Ketua Pelaksana atau Organizing Committee (OC) Formula E Ahmad Sahroni mengatakan sirkuit tersebut memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer, lebar 12 meter, dan treknya membentuk kuda lumping jika terlihat dari atas.

Anggota DPR RI ini pun menyebut penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022 rencananya akan digelar pada 4 Juni 2022.

Adapun alasan pemilihan sirkuit tersebut, menurut Sahroni, pertama karena Ancol adalah tempat yang dinamis dan juga merupakan ikon Kota Jakarta.

Selain itu, tempatnya tidak mengganggu masyarakat karena tertutup dari akses jalanan umum.

“Tertutup untuk pelaksanaannya pada event yang satu hari pada saat Juni tanggal 4 tahun 2022,” kata Sahroni.

Sementara itu, Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali mengatakan, Ancol selain menjadi arena rekreasi terbesar di Indonesia juga dalam sejarahnya pernah digunakan sebagai lintasan balap.

Baca juga
Interpelasi Anies, Agenda Colongan?

“Jadi tahun terakhir balapan itu tahun 1990, dimulai tahun 1970. Arealnya itu dari sini (Pantai Karnaval) sampai dengan nanti Gerbang Timur. Jadi Ancol ditunjuk sebagai lokasi E-Prix ini akan mereview pengalaman nostalgia balap mobil di Ancol,” kata Sahir.

Tinggalkan Komentar