Rabu, 10 Agustus 2022
12 Muharram 1444

Banjiri Akun Ketum PSSI, Warganet Minta Shin Tae-yong Dikontrak Panjang

Senin, 20 Des 2021 - 14:37 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan - inilah.com
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mendapatkan banyak dukungan setelah berhasil membawa anak asuhnya ke semifinal Piala AFF 2020. Warganet menginginkan agar pelatih asal Korea Selatan itu diberi kontrak lebih panjang lagi.

Dukungan dari warganet itu membanjiri akun resmi ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan di media sosial Instagram. Mereka berkomentar dalam unggahan orang nomor satu di sepakbola Indonesia itu.

Dalam kolom komentar, sebagian warganet menilai kinerja Tae-yong mulai membuahkan hasil meskipun banyak juga yang menilai skuad Garuda masih butuh banyak pembenahan. Mereka pun meramaikan tanda pagar #STYStay.

“Kasih kontrak sty 10 tahun,” tulis akun @hayqal_akbar_r.i

“Kasih STY kontrak jangka panjang pak, apapun hasil piala aff sekarang, bosen harus liat gonta ganti pelatih, ujung2nya proses lagi. Percaya hasil dari STY berapapun lamanya,” tulis akun @deryleoni.

Baca juga
Dua Kelompok Bentrok di Diskotek Sorong, 18 Orang Tewas Terpanggang

“Shin Tae Yong sudah sangat baik dan bisa mengubah, stamina, fisik dan tehnik serta mental pemain timnas Indonesia #STYStay,” tulis akun @destaafraja

“Pak, kasih coach STY kontrak jangka panjang pak. Timnas udah mulai enak di liat di tangan coach STY. Mungkin jarak 4-5 tahun ke depan Indonensia bisa jadi raja ASEAN kalau terus dipoles coach STY,” tulis akun @ripanmuhamadr.

Dalam unggahan itu, Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule membagikan potret kebahagiaan ketika Timnas Indonesia memenangkan laga Derby Nusantara kontra Malaysia dengan skor meyakinkan 4-1 di Piala AFF Suzuki 2020 di Singapura.

Dalam unggahan tersebut Iwan bule terlihat sedang melakukan sujud syukur atas pencapaian timnas Indonesia tersebut.

Pada 28 Desember 2019, Shin Tae-yong diperkenalkan oleh PSSI sebagai pelatih timnas Indonesia mengalahkan kandidat lainnya, Luis Milla. kinerja Shin Tae-yong awalnya sempat diragukan setelah gagal memberikan hasil apik pada sejumlah turnamen resmi. Pada laga kualifikasi Piala Dunia Juni lalu, skuad Garuda hanya meraih satu kali imbang dan dua kekalahan. Indonesia juga tersingkir dari Kualifikasi Piala Asia U23 setelah disingkirkan oleh Australia.

Baca juga
Kapten MU Harry Maguire Dapat Ancaman Bom

Pelatih berusia 51 tahun itu pun sempat mendapatkan cibiran dari warganet setelah lebih banyak menghabiskan waktu di negara asalnya Korea Selatan, selama masa pandemi Covid-19. Dia juga diterpa masalah mundurnya sejumlah asisten yang dia boyong dari Negeri Ginseng.

Polesan Tae-yong memang baru terasa pada ajang Piala AFF 2020 ini. Indonesia meraih tiga kemenangan dan satu kali imbang pada babak penyisihan sehingga berhasil keluar sebagai juara Grup B.

Mochamad Iriawan sebelumnya telah mewanti-wanti akan melakukan evaluasi keberadaan Shin Tae-yong jika Timnas Indonesia gagal di ajang Piala AFF 2020. Dia menyatakan bahwa mereka menargetkan Evan Dimas cs bisa meraih gelar juara kali ini. Kontrak Tae-yong saat ini akan habis pada 31 Desember 2023.

Tinggalkan Komentar