Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

Bank Pelat Merah Dukung REI Bangun Rumah Rakyat Berkualitas

Jumat, 20 Mei 2022 - 21:12 WIB
Bank Pelat Merah Dukung REI Bangun Rumah Rakyat Berkualitas

PT Bank Tabungan Negara (Persero/BTN) Tbk bersinergi dan mendukung Real Estate Indonesia (REI) dalam pembangunan rumah yang berkuailitas.

Dukungan bank pelat merah ini disampaikan saat peringatan HUT ke-50 REI di Yogyakarta. Sejauh ini, kolaborasi BTN dengan REI mampu memberikan dampak positif bagi pembangunan perumahan dan permukiman di Indonesia.

“Harapannya di ulang tahun yang ke-50, REI semakin solid dan mampu memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan perumahan dan permukiman di Indonesia. Bersama dengan REI, Bank BTN semakin optimistis dapat menyukseskan program sejuta rumah dengan menyediakan rumah yang berkualitas,” ujar Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo, dikutip Jumat (20/5/2022).

Haru mengatakan, dalam ekosistem perumahan, REI adalah salah satu pemain penting, untuk itu Bank BTN mengharapkan dukungan dari REI untuk saling melengkapi dan bersinergi. Apalagi, usia 50 tahun adalah momen yang spesial bagi REI.

Baca juga
Hingga Mei 2022, BTN Kempit Kenaikan Laba Bersih 49,19 Persen

Bank BTN dan REI memiliki tujuan yang sama, sekaligus mengemban tugas negara untuk bisa menyediakan rumah yang terjangkau, sehat, dan berkualitas. Karena itu Bank BTN berharap, para pengembang anggota REI bisa bersama-sama mencapai tujuan ini.

“Bank BTN akan terus mendukung pembiayaan KPR untuk anggota REI di seluruh Indonesia baik subsidi ataupun non-subsidi. Kerjasama antara Bank BTN dan REI sangat diperlukan, dan keharmonisan antara kedua belah pihak harus terus ditingkatkan,” tegasnya.

Dari sisi, kata dia, total kredit BTN sebesar 90 persen berada di sektor perumahan. Pemerintah selaku pemegang saham mayoritas, mengukuhkan BTN sebagai bank yang fokus ke sektor perumahan.

Baca juga
Bos BTN Pede Genjot Pertumbuhan Laba 11 Persen pada 2022

“Kami akan terus melanjutkan tugas ini serta bersinergi dengan REI dalam menyediakan rumah-rumah khusus yang menengah ke bawah, khususnya subsidi yang berkualitas untuk masyarakat Indonesia,” katanya.

Ketua Umum DPP REI, Paulus Totok Lusida mengungkapkan, 50 tahun REI berkiprah di sektor perumahan, sudah banyak memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan perumahan dan permukiman di Tanah Air.

“REI akan akan terus bersinergi dengan seluruh pemangku kebijakan dan mitra kerja dalam pembangunan perumahan dan permukiman secara berkelanjutan, salah satunya bekerja sama dengan Bank BTN karena kami melihat hingga saat ini Bank BTN adalah porsi terbesar dari fasilitas untuk kredit di properti, jadi bukan hanya di KPR tapi juga di kredit konstruksi dan BTN merupakan bank terbesar untuk sektor properti,” paparnya.

Baca juga
Inilah Saham-saham Pilihan Jumat, 4 Januari 2022

Adapun saat ini anggota REI mencapai sekitar 6.300 perusahaan properti yang tersebar di 34 provinsi.

“Sektor properti memiliki multiplier effect bagi sekitar 174 industri terkait lainnya dan 350 UMKM sehingga jika sektor properti bangkit maka dampaknya akan terasa terhadap perekonomian negara secara keseluruhan,” tegas Paulus. [ikh]

Tinggalkan Komentar