Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Bank Sentral Inggris Juga Naikkan Suku Bunga 75 Bps, Tertinggi Sejak 1989

Jumat, 04 Nov 2022 - 05:36 WIB
bank sentral inggris suku bunga
Bank sentral Inggris, Bank of England (BoE) (foto: BBC)

Bank sentral Inggris, Bank of England (BoE), menaikkan suku bunga acuan 75 basis poin (bps) dari 2,25 persen menjadi 3 persen pada Kamis (3/11/2022). Kenaikan tersebut merupakan yang terbesar sejak 1989.

Mengutip Reuters, BoE memperkirakan inflasi bisa mencapai level tertinggi 40 tahun, sekitar 11 persen, selama kuartal IV.

Pada saat yang sama, Inggris telah memasuki resesi yang berpotensi berlangsung dua tahun –lebih lama dari krisis keuangan 2008-2009.

Kenaikan suku bunga acuan sesuai ekspektasi sejumlah ekonom. Namun, di kalangan regulator, keputusan tersebut tidak bulat.

Dua anggota Komite Kebijakan Moneter (MPC), Silvana Tenreyro dan Swati Dhingra, memilih kenaikan yang lebih kecil masing-masing seperempat dan setengah poin persentase dengan pertimbangan ekonomi mungkin sudah dalam resesi.

Baca juga
Emas Terdongkrak Ekspektasi Berhentinya Kenaikan Suku Bunga The Fed

Namun, sebagian besar anggota MPC mengatakan suku bunga masih perlu naik lebih tinggi.

“Kenaikan lebih lanjut suku bunga bank mungkin diperlukan untuk pengembalian inflasi yang berkelanjutan ke target, meski puncaknya lebih rendah dari harga di pasar keuangan,” jelas BoE.

Tepat sebelum pengambilan keputusan, pasar memperkirakan suku bunga akan mencapai puncaknya di kisaran 4,75 persen.

“Komite terus menilai jika prospek menunjukkan tekanan inflasi yang lebih persisten, (komite) akan merespons dengan kuat, jika perlu,” tambahnya.

Sehari sebelumnya, Bank Sentral AS, Federal Reserves (The Fed), menaikkan suku bunga utamanya sebesar 75 bps ke kisaran 3,75-4,0 persen. Pekan lalu, Bank Sentral Eropa juga meningkatkan suku bunga depositonya dengan jumlah yang sama menjadi 1,5 persen.

Tinggalkan Komentar