Sabtu, 21 Mei 2022
20 Syawal 1443

Bank Wakaf Mikro Guyur Pembiayaan Rp87,2 Miliar ke UMKM

Bank Wakaf Mikro Guyur Pembiayaan Rp87,2 Miliar ke UMKM - inilah.com
Foto: Istockphoto.com

Sejak diluncurkan pada lima tahun lalu sampai dengan posisi 22 Maret 2022, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat Bank Wakaf Mikro (BWM) telah berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp87,2 miliar kepada UMKM.

Pendanaan tersebut dilakukan oleh 62 BWM yang tersebar di 20 provinsi seluruh Indonesia. Kehadiran dan manfaat BWM telah dirasakan oleh 55 ribu nasabah.

“Ini semua akan kami kembangkan terus ke seluruh pelosok negeri,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam acara Peresmian BWM Pesantren Modern Pondok Karya Pembangunan di Jakarta, Kamis (24/3/2022).

Ia menjelaskan skema pengembangan ke depan BWM akan dilakukan melalui pencapaian 3.000 nasabah dalam tiap BWM.

Baca juga
Bank BSB Bidik Penyaluran KUR Rp1,5 Triliun di 2022

Jika nantinya diperlukan, BWM baru bisa didirikan lagi di tempat lain yang dapat mencakup masyarakat setempat.

Melalui percepatan pengembangan BWM, Wimboh berharap seluruh penduduk Indonesia bisa memiliki pendapatan yang akan menjadi sumber permintaan domestik karena 54 persen produk domestik bruto (PDB) didukung oleh konsumsi domestik.

“Langkah ini juga untuk mempekerjakan angkatan-angkatan kerja yang tentunya membutuhkan,” tuturnya.

Selain pembiayaan, dirinya mengungkapkan pembinaan kepada nasabah BWM yang mendapatkan pembiayaan turut diperlukan, terutama bimbingan mengenai pengemasan produk yang menarik hingga penggunaan platform e-commerce.

Dengan berbagai pembinaan yang dilakukan, diharapkan nantinya produk yang dijual UMKM bisa mendunia melalui digitalisasi.

Tinggalkan Komentar