Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Bantah Ada PHK Besar-besaran, 20.000 Karyawan Shopee Indonesia Aman

Rabu, 15 Jun 2022 - 19:58 WIB
Bantah PHK Besar-besaran, 20 Ribu Karyawan Shopee Indonesia Aman
Shopee Indonesia bantah ada PHK.

Tersambar kabar PHK besar-besaran Shopee yang beroperasi di Asia Tenggara, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja buru-buru membantah. Begini penjelasannya.

Dia bilang, langkah penyesuaian yang diambil Shopee pada segmen dan pasar tertentu, dipastikan tidak melibatkan Shopee Indonesia. Saat ini, Shopee Indonesia terus menunjukkan performa yang baik. “Di Indonesia tetap menjadi pasar prioritas di mana kami terus mengembangkan bisnis membantu lebih banyak UMKM,” papar Handhika kepada Inilah.com, Jakarta, Rabu (15/2022).

Dia mengatakan, pengguna Shopee di Indonesia merasakan manfaat pertumbuhan ekonomi digital. Di Indonesia, Shopee mempekerjakan lebih dari 20 ribu karyawan di berbagai lini bisnis. seperti Shopee, ShopeePay, dan ShopeeFood. “Lebih dari 50 persen bergabung sejak dimulainya pandemi COVID-19,” ungkapnya.

Baca juga
Banyak Start Up Nyungsep, Telkom Janji Hati-hati Investasi

Bahkan, lanjut Handhika, Shopee Indonesia terus merekrut talenta-talenta muda terbaik untuk mengembangkan sayap bisnisnya. Di mana, Shopee Indonesia aktif merekrut talenta digital muda, melalui program Sea Labs Indonesia yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret 2022.

“Kita akan membangun tim yang terdiri dari 1.000 talenta digital Indonesia terutama engineer dan product manager, yang siap berkontribusi melalui teknologi,” imbuhnya.

Sejauh ini, lanjut Handhika, Shopee Indonesia konsisten dengan misi mewujudkan kehidupan lebih baik. Bagi yang belum terlayani dengan baik, Shopee berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerinta. “Semua kita lakukan dengan menciptakan berbagai kerja sama strategis, demi mewujudkan misi ini,” ungkapnya.

Baca juga
Alfatih Timur, Sosok Inspiratif Anak Muda di Balik Suksesnya Kitabisa

Enam bulan terakhir, Shopee menghadirkan berbagai inisiatif untuk memajukan UMKM di Indonesia. Termasuk meninisiasi program Kampus UMKM Shopee di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Memberikan pelatihan keterampilan bisnis digital kepada puluhan ribu UMKM lokal.

“Selain itu program Java in Paris yang membawa ribuan produk UMKM lokal di Shopee tembus kurasi dan bisa dijual di Paris, Prancis,” pungkasnya.

Dikabarkan Deal Street Asia dan Tech in Asia, Selasa (14/6/2022), Shopee merencanakan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran di sejumlah negara.

Kebijakan PHK Shopee ini, tentu saja akan berdampak kepada karyawan di beberapa pasar Asia Tenggara, yakni Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Saat ini, pihak manajemen Shopee dikatakan telah mengirim email kepada sejumlah karyawan yang masuk daftar PHK.

Baca juga
Usai Perintahkan Wajib Masuk Kantor, Elon Musk Bakal Pecat 10 Persen Karyawan

 

 

Tinggalkan Komentar